Ban Kelima, Penemuan Otomotif Era 50-an untuk Atasi Sulitnya Parkir Paralel

Minggu, 02 Mei 2021 - 14:00 WIB
loading...
Ban Kelima, Penemuan Otomotif Era 50-an untuk Atasi Sulitnya Parkir Paralel
Ban Kelima saat pertama kali melakukan debut di Amerika di mobil buatan Cadillac. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tidak semua pengemudi mobil mampu memarkirkan kendaraan mereka paralel. Selain butuh konsentrasi tinggi dan perhitungan matang, parkir paralel sedikit dihindari karena potensi menabrak mobil lain yang tengah parkir.

Saat ini memang banyak mobil mewah yang dilengkapi dengan fitur Park Assist sehingga mobil bisa dengan aman parkir sendiri. Jaman dulu kecanggihannya justru sangat berbeda. Pabrikan mobil justru membuat Ban Kelima agar semua orang bisa parkir paralel.



Ya, sesuai namanya Ban Kelima memang adalah ban tambahan selain empat yang ada di mobil. Ban itu biasanya tersimpan di bawah bagasi mobil seperti ban cadangan yang kita kenal saat ini. Penemu Ban Kelima, Brooks Walker memang memanfaatkan ban cadangan untuk kepentingan parkir paralel. Daripada hanya tersimpan dan tidak digunakan lebih baik dimaksimalkan untuk fungsi yang lain.



Cara kerja Ban Kelima temuan Brooks Walker sangat mudah. Saat pengemudi ingin memarkirkan mobil mereka dalam kondisi paralel, pengemudi tinggal memencet tombol Ban Kelima yang ada di mobil tersebut. Begitu dipencet, seketika Ban Kelima akan muncul dari bawah mobil.

Posisi ban juga berbeda karena dipasang dalam kondisi horisontal dari jalan. Jadi ban itu akan bergerak ke kiri dan ke kanan. Hal itulah yang sangat memudahkan pengemudi ketika hendak parkir paralel.



Jadi pengemudi tinggal memasukkan hidung mobil duluan dan mensejajarkan dengan mobil yang ada di depannya. Setelah Ban Kelima keluar mereka tinggal memutar palang kemudi sesuai keinginan agar mobil terparkir paralel secara sempurna.

Brooks Walker diketahui telah memasang penemuan Ban Kelima itu ke berbagai mobil yang ada di Amerika seperti Chevrolet, Cadillac dan Packard Cavalier. Dia bahkan sempat mengajukan penemuan itu ke General Motors agar bisa diaplikasikan ke semua mobil buatan mereka. Sayangnya ide itu justru ditolak karena General Motors melihat teknologi itu akan memakan ruangan bagasi.

Hingga kini memang tidak ada lagi mobil yang menggunakan Ban Kelima untuk mengatasi parkir paralel.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2915 seconds (0.1#10.140)