10 Tanda Ban Mobil Anda Sudah Wajib Ganti!

Minggu, 02 Mei 2021 - 23:40 WIB
loading...
10 Tanda Ban Mobil Anda Sudah Wajib Ganti!
Ban adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Layaknya komponen lain pada kendaraan, ban juga memiliki masa pakai. Jika usia ban mobil sudah tua, maka wajib segera diganti, demi menjaga keselamatan saat mobil dipakai berkendara.

Ban adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi BBM, ketahanan komponen kaki-kaki mobil, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Smartwatch Amazfit GTS 2 Punya Desain Secantik Apple Watch

Jadi, kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil. Tapi mungkin masih ada yang bingung, kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil.

Berikut ini 10 tanda ban mobil wajib diganti, dilansir dari laman resmi Auto2000, Minggu (2/5).

1. Umur Ban Mobil Sudah 3 Tahun

Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan.

Banyaknya aktivitas kendaraan membuat umur ban mobil menjadi lebih singkat. Umur ban mobil yang ideal adalah 3 tahun, jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan.

Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

2. Jarak tempuh sudah 40.000 km

Walau usia pakai belum sampai 3 tahun, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 40 ribu kilometer. Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2759 seconds (10.55#12.26)