Penting, Tips Mengendarai Mobil di Jalur Menanjak Agar Kopling Awet

Jum'at, 07 Mei 2021 - 13:32 WIB
loading...
Penting, Tips Mengendarai Mobil di Jalur Menanjak Agar Kopling Awet
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Mengendarai mobil di jalan Jakarta yang macet dan kerap menemui flyover memang diperlukan keahlian mumpuni. Dengan kondisi terjebak macet di jalur menanjak, seringkali tercium bau kopling akibat kesalahan teknik berkendara.

Kendaraan yang mengalami bau pada kopling biasanya karena belum lihainya pengendara mengemudi di jalur menanjak.



Lalu bagaimana agar mobil tidak mengalami bau kopling saat kondisi menanjak. Berikut beberapa trik cara menyetir mobil manual di jalur menanjak yang dilansir dari halaman Auto2000:

1. Selalu Gunakan Gigi Rendah

Salah satu cara yang sampai sekarang masih dilakukan oleh para pengemudi adalah selalu menggunakan kopling setengah ketika menemui jalur menanjak. Cara ini tidak baik karena akan membuat kopling cepat panas, bahkan bisa sampai jebol.

Cara menyetir mobil manual di jalan menanjak adalah dengan menggunakan gigi rendah seperti gigi 1 atau gigi 2. Gunakan gigi 1 ketika tanjakan benar-benar curam dan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

2. Gunakan Rem Tangan Ketika Berhenti

Khususnya ketika mobil berhenti, Anda bisa langsung menarik rem tangan agar mobil tidak turun. Ketika mobil mulai berjalan, lepaskan rem tangan perlahan-lahan dibarengi dengan melepaskan kopling.

Sedangkan kaki yang lain menekan pedal gas untuk bergerak maju. Cara ini memang sulit dilakukan untuk para pengemudi pemula tapi bisa dilatih di tanjakan yang tidak terlalu ramai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)