Sejarah Panjang Terciptanya Motor, Sejak Abad ke-19 Hingga Sekarang

Kamis, 13 Mei 2021 - 11:01 WIB
loading...
Sejarah Panjang Terciptanya Motor, Sejak Abad ke-19 Hingga Sekarang
Ilustrasi jajaran sepeda motor FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pernah terpikir tentang bagaimana sepeda motor tercipta? Dan seperti kendaraan roda dua ini berevolusi dari waktu ke waktu ?

Setelah penemuan mesin uap dan sepeda, para ilmuwan abad ke-19 dengan cepat menyadari bahwa menggabungkan kedua teknologi ini secara substansial dapat meningkatkan transportasi bagi manusia.

Kehadiran pertama sepeda bermotor mulai muncul hanya beberapa tahun setelah sepeda kayuh perdana Pierre Michaux dan berlangsung hingga pertengahan 1880-an.

Putra Pierre Michaux, Ernest, membuat sepeda motor pertama di pabriknya di Paris dengan menggabungkan mesin uap kecil ke salah satu desain sepeda "boneshaker" awal mereka.

Kemudian mereka memulai produksi beragam model, diikuti dengan beberapa penemuan lainnya yang melakukan hal serupa dengan menggunakan berbagai jenis mesin uap.

Melansir laman Bicycle History, Rabu (12/5/2021), revolusi sebenarnya dalam teknologi sepeda motor terjadi pada 1885, ketika dua penemu Jerman Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach berhasil memproduksi sepeda motor pertama dengan mesin pembakaran dalam berbahan bakar bensin.

Mesin bernama "Daimler Reitwagen" (riding wagon) ini sekarang dikenal sebagai contoh pertama sepeda motor modern yang kita kenal dan gunakan saat ini. Sejak kemunculannya, banyak penemu dan insinyur lain mulai membuat sepeda bermesin versi mereka sendiri.

Sepuluh tahun setelah perilisan perdana "daimler reitwagen", pabrikan Jerman Hildebrand & Wolfmüller memulai pabrik produksi massal sepeda motor pertamanya.

Bisnis awal mereka tidak berhasil bertahan lama, tapi dari situ tercipta fitur keselamatan baru dan peningkatan permintaan yang populer menghasilkan ekspansi sepeda motor yang hebat selama tahun-tahun pertama abad ke-20.

Beberapa perusahaan manufaktur besar mulai membuat desain sepeda motor mereka sendiri, terutama Royal Enfield Inggris, Triumph, American Harley-Davidson, Indian Motorcycle Manufacturing Company dan DKW (yang memegang rekor sebagai pabrik produksi sepeda motor terbesar sebelum Perang Dunia II).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7900 seconds (0.1#10.140)