Joe Biden Matangkan Konsep Mobil Kepresidenan Listrik Pengganti The Beast

Senin, 24 Mei 2021 - 23:44 WIB
loading...
Joe Biden Matangkan Konsep Mobil Kepresidenan Listrik Pengganti The Beast
Cadillac One The Beast hingga kini masih jadi mobil kenegaraan Presiden Amerika Serikat. Foto/IST
A A A
AMERIKA SERIKAT - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tengah mematangkan konsep penggantian mobil kepresidenan Amerika Serikat yang semula menggunakan mobil dengan pembakaran internal dengan mobil listrik. Diketahui wacana pengunaan mobil listrik sebagai mobil kepresidenan Amerika Serikat memang sempat mengemuka ketika Joe Biden mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46.

Saat itu Joe Biden sangat pro dengan mobil listrik ketimbang mobil dengan bahan bakar konvensional. Tidak heran jika banyak yang menduga Joe Biden akan menggantikan mobil kepresidenan Amerika Serikat yang ada saat ini, Cadillac One The Beast dengan mobil listrik.



Nyatanya diskursus itu memang sudah siap dimatangkan oleh Joe Biden. Hal itu terungkap saat wartawan menanyakan hal itu kepada Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki. "Hal itu merupakan sesuatu yang terus dibicarakan oleh Presiden dan merupakan salah satu objektif dari tugas kepresidenan," ujar Jen Psaki.

Joe Biden Matangkan Konsep Mobil Kepresidenan Listrik Pengganti The Beast


Sayangnya Jen Psaki tidak menyebutkan kandidat mobil listrik yang nantinya akan jadi pilihan Joe Biden. Diketahui mobil kenegeraan Cadillac One The Beast memang merupakan mobil dengan tingkat emisi yang sangat tinggi.

Dari segi emisi yang dikeluarkan, Cadillac One ibarat monster polusi berjalan. Beratnya saja hampir 9 ton karena telah dilengkapi dengan spesifikasi keamanan tingkat tinggi seperti kaca anti peluru, badan mobil anti serangan senjata mesin dan granat, hingga sistem pertahanan diri yang komprehensif.



Saking beratnya wajar jika mesin V8 Duramax dengan kapasitas silinder 6,6 liter itu kewalahan. Situs Car Guide menyebutkan konsumsi bahan bakar mobil itu bahkan adalah 63,5 liter per 100 kilometer. Artinya untuk jarak sekitar 600 meter saja mobil itu menghabisan 1 liter bahan bakar. Bayangkan jika Joe Biden menjadi presiden dan terus menggunakan mobil kenegaraan itu. Tentu kontras dengan keinginannya membuat lingkungan yang lebih bersih dan memajukan industri otomotif Amerika Serikat.

Dan mengganti mobil kenegaraan bukanlah hal yang sangat sakral. Agar selaras dengan pernyatannya sudah semestinya Joe Biden mengganti Cadillac One dengan mobil listrik. Lagipula, saat ini banyak pemimpin negara di dunia yang mengganti mobil kenegaraan mereka dengan mobil listrik. Yang terakhir adalah Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern yang sekarang menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq sebagai mobil negara.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1335 seconds (0.1#10.140)