Ini Tanda-Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang dan Efeknya

Jum'at, 28 Mei 2021 - 15:01 WIB
loading...
Ini Tanda-Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang dan Efeknya
Oli merupakan salah satu komponen yang memengaruhi kinerja mesin mobil. Kurangnya oli mobil bisa membuat kinerja mesin menurun. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Oli merupakan salah satu komponen yang memengaruhi kinerja mesin mobil . Kurangnya oli mobil bisa membuat kinerja mesin menurun.

Sebab, oli memiliki peranan penting bagi mesin, mulai dari melumasi, membersihkan, hingga menyerap panas.



Maka dari itu, penting mengetahui tanda-tanda ketika oli mobil kurang. Berikut ini penjelasannya, dilansir dari Auto2000, Jumat (28/5/2021).

Lampu indikator oli menyala

Tanda oli mobil kurang yang paling mudah dikenali adalah lampu indikator oli menyala. Dalam beberapa kasus, lampu indikator tidak menyala dengan jelas, melainkan hanya berkedip.

Namun, jika memang melihat lampu indikator oli menyala walau sebentar, bisa jadi memang kuantitas oli mobil kurang. Segera lakukan pengecekan untuk memastikan kuantitas oli mobil.

Mesin mengeluarkan bunyi kasar

Selain lampu indikator, suara mesin juga bisa menjadi tanda oli mobil kurang. Jika oli mesin sudah mencapai batas minimum, biasanya mesin akan mengeluarkan bunyi khusus.

Bunyi mesin akan terdengar lebih kasar dan berisik saat oli kurang. Ini karena mesin mobil kekurangan pelumas sehingga gesekan antar komponen mesin jadi lebih intens.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)