Mobil Terkencang di Dunia kini Hadir dengan Dua Varian Baru

Sabtu, 29 Mei 2021 - 12:00 WIB
loading...
Mobil Terkencang di Dunia kini Hadir dengan Dua Varian Baru
SSC Tuatara kini memiliki varian baru yang tenaga maksimalnya tembus 2.200 daya kuda. Foto/SSC North America.
A A A
AMERIKA SERIKAT - Produsen mobil Amerika, sekaligus produsen mobil pemegang rekor terkencang di dunia, SSC North America baru-baru ini merilis dua varian baru dari SSC Tuatara yakni SSC Tuatara Striker dan SSC Tuatara Aggressor. Kedua mobil tersebut hadir dengan spesialisasi masing-masing.

SSC Tuatara Striker merupakan versi terbaru dari SSC Tuatara yang dinobatkan sebagai mobil terkencang di dunia.Diketahui SSC Tuatara saat ini merupakan mobil pemegang rekor kecepatan tertinggi di dunia yakni 455,3 kilometer per jam.

Untuk varian ini, SSC North America menambahkan berbagai elemen aerodinamika seperti sayap mobil, sayap mobil belakang aktif, stabilizer vertikal dan rear diffuser. Penambahan paket aerodinamika itu membuat mobil jauh lebih stabil saat kecepatan menembus 257 kilometer per jam.

Mobil Terkencang di Dunia kini Hadir dengan Dua Varian Baru




Agar downforce semakin baik, perusahaan mobil yang berbasis di Richland, Washington, Amerika Serikat itu menambahkan side rocker, splitter bagian depan, serta kap mesin yang menukik seperti hidung pesawat terbang. Perubahan desain kap dan penambahan side rockers membuat downforce jadi lebih baik dimana pembagian tekanan gravitasi menjadi 45,4 persen di bagian depan dan 54,6 di bagian belakang. Alhasil stabilitas mobil jadi lebih baik.

Untuk pilihan mesin, SSC Tuatara Striker masih tetap menggunakan mesin yang sama dengan SSC Tuatara. Mesin V8 turbo ganda dengan kapasitas silinder 5,8 liter itu mampu mengail tenaga sebesar 1.750 daya kuda. Seluruh tenaga kuda itu akan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 7 percepatan.

Jika Anda tidak puas dengan tenaga tersebut, Anda bisa memilih varian lainnya yakni SSC Tuatara Aggressor. Sesuai namanya Aggressor, tenaga mobil ini bisa terdongkrak dari 1.750 daya kuda jadi 2.200 daya kuda.



Sementara dari segi tampilan, mobil ini akan tetap sama dengan SSC Tuatara Striker yang lengkap dengan paket aerodinamika. Masalahnya adalah SSC Tuatara Aggressor tidak diizinkan digunakan di jalanan umum. Pasalnya SSC North America hanya membuat mobil itu untuk berada di trek sirkuit.

Itu mengapa SSC North America hanya menjual sebanyak 10 unit SSC Tuatara Agressor. Sementara untuk varian lainnya, SSC Tuatara Striker dibuat sebanyak 90 unit. "Tuatara dibuat dan dibangun untuk menunjukkan kekuatan dimana pun mobi itu berada. Baik itu berkendara diu perkotaan, landasan pacu, atau di atas trek sirkuit. Mobil ini unggul di tempat mana pun," ujar Jarod Shelby, CEO dan pendiri SSC North America.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)