7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Sabtu, 29 Mei 2021 - 15:41 WIB
loading...
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia
Kendaraan amfibi unik karena bisa melibas jalanan darat dan air. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Selama ini mungkin hanya khayalan bagi manusia untuk melihat mobil yang mampu digunakan di perairan. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini beberapa pabrikan telah membuat sebuah kendaraan yang bisa dikendarai di darat maupun di air atau amfibi.

Berikut ini deretan kendaraan amfibi unik dan canggih yang ada di dunia:



1. Hafencity Riverbus
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia


Hafencity Riverbus menyediakan paket wisata keliling kota dan 'berenang' di air menggunakan bus amfibi bagi para wisatawan.

Kabin kendaraan dua-alam ini dijamin tidak akan kebanjiran. Bus amfibi ini dapat melau dengan kecepatan maksimal 65 km per jam saat berada di daratan dan 7 knot saat berada di dalam air.

Daya tampungnya cukup banyak, bus ini dapat menampung sebanyak 36 penumpang beserta 3 kru. Selain itu di dalam bus yang paling mewah ini terdapat perlengkapan standar seperti layar LCD, pemutar DVD, bagasi, toilet, AC, dan penghangat ruangan.

2. Uhac
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Amerika Serikat menunjukan kendaraan amfibi terbaru mereka yagn didesain untuk penyerbuan di pantai, membawa tentara dan membawa perlengkapan lainnya.

Kendaraan yang mirip dengan tank ini mampu berjalan di atas air. Prototipe kendaraan ini dikenalkan di kampus pelatihan marinir di Hawai.

Kendaraan ini mampu berjalan di laut dengan kecepatan sekitar 40km/jam, serta mampu menghalau ombak dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Kendaraan yang terbuat dari alumunium ini, mempunyai panjang sekitar 13 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 5 meter. Dan mampu membawa kargo hingga berat 200 ton, serta mampu menjelajah hingga 320 km dalam keadaan bahan bakar yang penuh.

3. Sherp ATV
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Mobil yang terlihat agak aneh ini bisa melaku di atas es dan air. Kendaraan segala medan ini dilengkapi dengan ban besar yang mengembang secara otomatis dan mampu mengatasi rintangan setinggi 70 cm dengan mudah. Tak hanya itu, kendaraan amfibi ini dilengkapi dengan pemanas air, perangkat analog, dan tampilan serta lampu halogen.

Mobil ini juga memiliki alat yang mampu menguras air dari badan mobil ketika tergenang air. Kecepatan maksimal Sherp ATV ini mencapai 44.9 km/jam di darat dan 6km/jam di atas air.

4. Gibbs Quadski
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Quadski banyak digunakan untuk kegiatan patroli di wilayah garis pantai. Kemampuannya dalam melahap medan offroad tidak diragukan lagi, layaknya kendaraan ATV. Begitu juga dengan kemampuannya saat bertransformasi menjadi sebuah jetski.

Saat menjelajah di daratan, sistem penggerak roda belakangnya berfungsi dengan baik. Sama halnya saat mesin jetski digunakan menyisir wilayah perairan.

5. Rinspeed Squba
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Rinspeed Squba adalah mobil sport pertama yang bisa melaju baik di jalan raya maupun di bawah air. Ide awal mobil ini diadaptasi dari film James Bond pada 1977 silam yang berjudul The Spy Who Loved Me.

Mobil ini ditenagai oleh tiga buah motor elektrik yang emngambil daya dari baterai lithium-ion satu untuk di darat dan dua untuk di air.

Squba dapat menyelam hingga kedalaman sepuluh meter dengan sepasang sistem pendorong jet air yang membuatnya bisa 'melayang'.

Kendaraan unik ini mengusung ruang kokpit terbuka,dimaksudkan agar pengendara dan penumpang dapat mudah keluar dalam keadaan darurat.

6. Watercar Panther
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Pabrikan asal California, Watercar, telah membesut mobil bertampang Jeep yang bisa dibuat ngebut di darat dan laut. Saat di darat mobil ini bisa mencapai kecepatan 150 km/jam. Sedangkan saat di laut Panther dapat melaju hingga 72 km/ jam.

Selain itu, untuk ganti mode darat ke air, mobil ini hanya butuh waktu singkat yakni 15 detik. Perusahaan membekali mobil ini dengan mesin Honda berkapasitas 3,7 liter VTEC dengan 24 katup. Hasilnya, mesin kendaraan amfibi ini bisa memutar hingga 6.300 rpm dan memiliki 305 tenaga kuda.

7. Gibbs Biski
7 Kendaraan Amfibi Paling Unik dan Paling Canggih di Dunia

Bagi para pecinta motor dan juga jet ski. Biski adalah sepeda motor dengan sasis yang bisa mengapung dan memiliki dua roda yang bisa ditarik ketika dioperasikan di dalam air.



Gibbs Sports Amphibians mengatakan, dibutuhkan hanya 5 detik untuk mengubah sepeda motor ini menjadi jet ski.

Perusahaan mengklaim sepeda motor ini mampu mencapai kecepatan hingga 87 mil/ jam di jalanan dan sangat stabil ketika berada di air.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)