Menjaga Ketenangan Batin Jual-Beli Mobil Bekas Cara OLX Autos

Senin, 31 Mei 2021 - 23:44 WIB
loading...
Menjaga Ketenangan Batin Jual-Beli Mobil Bekas Cara OLX Autos
OLX Autos menggelar kampanye #GampangnyaPasti guna memberikan edukasi dan rasa nyaman dan aman kepada konsumen. Foto/DOK.SINDONEWS.Com
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat sangat berhati-hati dalam menjual dan membeli mobil bekas. Besarnya nominal uang yang dikeluarkan untuk membeli mobi bekas membuat banyak orang sangat berhati-hati membeli mobil bekas.

Belum lagi prosedur bertele-tele yang diberikan oleh pedagang mobil bekas. Bayangan itu makin menjadi-jadi apabila transaksinya dilakukan melalui dunia maya atau online. Hal itulah yang terlintas di pikiran pasangan Usmar Kurniawan dan Indah Julianti saat hendak membeli mobil untuk pertama kalinya buat keluarga.



Sebenarnya mudah saja bagi Iwan, panggilan Usmar Kurniawan, untuk membeli mobil secara konvensional. Dia tinggal datang bersama istrinya ke showroom mobil bekas untuk membeli mobil yang cocok. Hanya saja hal itu tidak bisa dilakukan karena kondisi pekerjaannya yang berada di Jakarta sementara keluarganya menetap di Yogyakarta.

Ya, sejak 2014 pasangan Iwan dan Indah Julianti memang melakukan Long Distance Relationship (LDR). Iwan berada di Jakarta sedangkan Indah bersama ketiga anaknya berada di Condong Catur, Yogyakarta. Sebulan dua kali Iwan baru pulang ke Yogyakarta bertemu keluarganya.

Menjaga Ketenangan Batin Jual-Beli Mobil Bekas Cara OLX Autos


Jarak inilah yang tidak memungkinkan Iwan mencari mobil yang tepat bersama keluarganya secara konvensional. “Otomatis akhirnya coba-coba cari secara online. Karena memang ini cara yang paling mudah,” ujarnya.

Proses pencarian sendiri tidak dilakukan di Jakarta. Agar proses surat-surat kendaraan lebih mudah, Iwan lebih mencari mobil bekas yang ada di Yogyakarta. Dari situlah Iwan berusaha melakukan pencarian secara online. Beruntung dia cukup sering berselancar di dunia maya mencari barang-barang incaran. Dari situ dia mengenal OLX Autos.

Dia merasa cocok karena meski dijual secara online, Iwan merasa yakin membeli mobil bekas melalui platform OLX Autos. “Saya enggak bisa selalu datang ke Yogyakarta untuk cari mobil yang pas. Saya butuh mobil yang memang kondisinya benar-benar baik. Jadi keluarga saya yang di Yogyakarta tinggal menerima mobil yang saya beli,” terang Iwan.

Sistem pembelian mobil di OLX Autos memang memberikan ketenangan batin (peace of mind) buat keluarga Iwan dan Indah Julianti. Pasalnya mitra OLX Autos yang menjual mobil-mobil bekas mendapatkan unit mobil melalui skema yang sangat ketat.

Mobil-mobil bekas yang mereka tawarkan telah menjalani proses inspeksi yang ketat di lokasi pengecekan OLX Autos. Untuk kawasan Yogyakarta, lokasinya berada di Jalan Magelang KM7, Sleman, Yogyakarta. Setelah selesai inspeksi, tim OLX Autos melaporkan hasilnya ke kantor pusat untuk menentukan perkiraan harga jual mobilnya.



Jika harganya cocok, OLX Autos kemudia memasarkan mobil bekas itu melalui sistem online di OLX Autos yang memiliki lebih 2.000 mitra. Dari proses yang berlapis itulah Iwan akhirnya menemukan mobil yang dia incar yaikni Suzuki Ertiga transmisi otomatis tahun 2013. Dia juga tidak merasa khawatir dengan kondisi mobil yang diterima karena memang sudah sangat yakin dengan ketatnya proses pengecekan yang diberikan OLX Autos.

“Yang pasti saya tidak perlu ribet bolak-balik Jakarta-Yogyakarta hanya untuk mencari mobil. Begitu deal, keluarga saya tinggal ambil dan pas saya pulang saya sudah bisa mereka jalan-jalan,” katanya bahagia.

Ketenangan batin yang sama juga dirasakan oleh Achmad Subali, warga Babelan, Bekasi yang justru ingin menjual mobil Suzuki Splash miliknya. Dia awalnya merasa tidak yakin kalau mobilnya akan menemukan pembeli dengan harga yang masuk akal.

Tidak bisa dipungkiri dia memiliki banyak pilihan untuk mejual mobilnya di berbagai platform yang ada. Dia bahkan mencoba menjualnya sendiri melalui platform tersebut. Hanya saja dia mengaku sulit bersaing dengan mobil-mobil bekas lainnya yang juga dijual di dunia maya.

Menjaga Ketenangan Batin Jual-Beli Mobil Bekas Cara OLX Autos


Akhirnya dia sendiri mencoba menjualnya melalui OLX Autos. Setelah mendaftar dan mengisi beberapa informasi terkini mobilnya di laman resmi, dia langsung membawa mobilnya ke lokasi inspeksi OLX Autos di Giant Cipinang, Jakarta Timur.

Setelah diinspeksi, Subali, panggilan akrabnya langsung mendapatkan harga appraisal mobil kesayangannya itu. Dari harga itu Subali tinggal menunggu apakah ada mitra OLX Autos yang tertarik dengan harga tersebut. “Saat itu prosesnya sampai tahap kedua lelang, baru dapat harga yang cocok,” kenang Subali.

Dia mengaku harganya memang sudah sangat cukup dengan harapannya. Setidaknya harga yang dia terima sudah sangat cukup dibandingkan dengan kondisi yang dia jalani dengan menjual mobil itu sendiri. “Lebih pasti sih angkanya dibanding saya coba jual langsung ke pedagang mobil bekas atau jual sendiri. Lebih tenang karena indikator penghitungannnya jelas,” ucap Subali.

Ketenangan batin inilah yang memang diharapkan dari CEO OLX Autos, Johnny Widodo CEO OLX Group Indoneesia. Dia mengatakan kehadiran OLX Autos memang diharapkan bisa mengedukasi masyarakat bahwa jual-beli mobil itu tidak seribet yang dipikirkan masyarakat. “Meski pun secara rupiah nilainya besar, kita coba mengedukasi bahwa gampang loh (jual-beli mobil bekas). Enggak sesusah yang dibayangkan,” ujar Johnny Widodo dalam diskusi daring OLX Autos #GampangnyaPasti dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT), Kamis (27/5).




Menjaga Ketenangan Batin Jual-Beli Mobil Bekas Cara OLX Autos


Untuk mempertegas pesan itu, pada bulan lalu, OLX Autos baru merilis kampanye bertajuk #GampangnyaPasti. Kampanye dihelat untuk kembali menginformasikan kepada pengguna soal kemudahan dan kenyamanan bertransaksi jual-beli mobil bekas di platformnya, sehingga membantu penguna menjual dan menemukan mobil bekas berkualitas terbaik secara lebih mudah.

Kampanye ini juga diluncurkan sebagai bentuk solusi dari keluhan pelanggan yang menginginkan kemudahan, kenyamanan, dan yang masih kesulitan melakukan transaksi. Harapannya, OLX Autos dapat mendorong masyarakat untuk menjual maupun membeli mobil bekas berkualitas.

"Kampanye #GampangnyaPasti ingin berikan convenience, rasa nyaman, dan aman pada setiap transaksi yang dilakukan pada platform kami," ujar Johnny Widodo.

Diketahui saat ini OLX Autos memiliki 100 lokasi inspection center di 9 kota besar di Indonesia dan beberapa authorized dealer di wilayah Jabodetabek. Platform digital jual-beli mobil bekas ini juga memiliki fasilitas home inspection service.

Untuk layanan Jual-Beli dan Tukar-Tambah, OLX Autos memiliki banyak garansi seperti mobil bekas berkualitas karena lulus inspeksi oleh tim ahli, 30 hari garansi mesin, gratis perawatan aftersales, dan 7 hari garansi pembelian kembali.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)