Presiden Amerika Didesak Cabut Peraturan Ketat Mobil Otonom

Rabu, 02 Juni 2021 - 08:00 WIB
loading...
Presiden Amerika Didesak Cabut Peraturan Ketat Mobil Otonom
Mobil otonom buatan Cruise yakni Cruise Origin masih terhambat produksinya karena peraturan ketat dari NHTSA. Foto/Cruise.
A A A
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden didesak untuk memberikan keringanan serta mencabut peraturan yang sangat ketat bagi perkembangan mobil otonom atau mobil yang bisa berjalan sendiri. Desakan itu disampaikan oleh CEO Cruise LLC Dan Ammann melalui surat resmi yang dikirimkan ke Gedung Putih.

Dalam surat itu Dan Amman meminta Joe Biden agar memberikan kelonggaran kepada mobil-mobil otonom yang dipaksa harus mengikuti peraturan keamanan yang ditetapkan buat kendaraan bermotor. Salah satu peraturan yang memberatkan adalah perlunya kendali pengemudi pada mobil otonom.



Hal itu menurut Dan Amman justru bertolakbelakang dengan semangat mobil otonom yang memang membebaskan intervensi pengguna mobil otonom.

Presiden Amerika Didesak Cabut Peraturan Ketat Mobil Otonom


Amman mengatakan peraturan yang sama tersebut justru akan membuat mobil otonom tidak berkembang. Dia malah mencontohkan perkembangan mobil otonom di China. Menurutnya di negara itu mobil otonom diterapkan peraturan yang berbeda dengan mobil konvensional alhasil perkembangan mobil otonom sangat pesat di China.

"Kita akan ketinggalan dengan China. Kami tidak mencari, membutuhkan, atau menginginkan dana pemerintah; kami mencari bantuan Anda dalam melonggarkan peraturan," tulisnya.



Diketahui Cruise merupakan perusahaan mobil otonom hasil kerja sama General Motors dan Honda. Mobil yang mereka siapkan sebagai mobil otonom memang tidak dilengkapi dengan pedal gas dan palang kemudi. Hal itu dibuat guna memberikan ruangan yang lebih luas untuk pengguna mobil otonom. Hanya saja bentuk mobil tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang mewajiban semua kendaraan, apa pun jenisnya, harus dilengkapi dengan palang kemudi dan pedal gas.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2511 seconds (0.1#10.140)