Mengenal Simbol-Simbol Indikator pada Meter Cluster di Mobil

Kamis, 03 Juni 2021 - 15:05 WIB
loading...
Mengenal Simbol-Simbol Indikator pada Meter Cluster di Mobil
Ada tips untuk lebih mengenali beberapa indikator pada Meter Cluster agar dapat memahami kondisi kendaraannya dengan baik. Foto: dok Daihatsu
A A A
JAKARTA - Banyaknya lampu indikator pada Meter Cluster kendaraan, seringkali membuat pengemudi merasa bingung untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman tersebut penting untuk diketahui agar menambah kenyamanan dan keselamatan pengguna.


Daihatsu berikan tips untuk lebih mengenali beberapa indikator pada Meter Cluster agar dapat memahami kondisi kendaraannya dengan baik. Berikut ini penjelasannya:

Temperatur Mesin
Berfungsi untuk memberikan peringatan suhu panas pada mesin kendaraan ketika mengalami overheat. Jika mendapati kondisi ini, perlu mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun Audio.

Selanjutnya, pinggirkan kendaraan hingga idle beberapa saat dan matikan mesin agar suhu yang terlalu panas dapat turun.

Check Engine
Memiliki bentuk gambar seperti mesin. Apabila menyala, mengindikasikan adanya suatu masalah yang terjadi pada bagian mesin atau controlnya. Meski demikian, hal tidak selalu menunjukkan kerusakan serius bagi pengguna.

Dapat diakibatkan adanya soket yang kendor, juga dapat menunjukkan adanya komponen/sensor pada mesin yang membutuhkan penggantian.

Tekanan Oli Mesin
Berbentuk seperti teko dengan fluida menetes. Jika menyala menandakan sistem pelumasan mesin mobil bermasalah. Dapat diakibatkan dari volume oli menurun atau dari sistem pelumasan yang bermasalah.

Lakukan pengecekan volume oli dan tambahkan jika kurang dan cek adanya kebocoran.

Pengisian Aki
Aki memiliki peran penting untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan pada kendaraan. Ketika menyala, menunjukkan adanya masalah pada sistem pengisian arus listrik (altenator tidak mengisi), yang berdampak aki akan kosong sehingga kendaraan tidak dapat distarter, lampu dan semua sistem kelistrikan tidak dapat dioperasikan.

Indikator Rem Parkir
Rem parkir dengan bentuk lingkaran dan P pada bagian tengahnya, menunjukkan dalam kondisi sedang dioperasikan (aktif).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)