Volume Oli Mobil Berkurang tapi Dibiarkan, Ini Dampak Buruknya...

Kamis, 03 Juni 2021 - 17:05 WIB
loading...
Volume Oli Mobil Berkurang tapi Dibiarkan, Ini Dampak Buruknya...
Oli mesin memiliki peranan penting bagi mesin, mulai dari melumasi, membersihkan, hingga menyerap panas. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bagi para pemilik kendaraan roda empat, perlu diketahui jika oli mobil yang kurang bisa membuat kinerja mesin menurun. Sebab,oli mesin memiliki peranan penting bagi mesin, mulai dari melumasi, membersihkan, hingga menyerap panas.

Untuk mengetahui tanda dan akibat jika oli mobil kurang, berikut ini MNC Portal Indonesia rangkum dari laman Auto2000, Kamis (3/6).



Tanda oli mobil kurang:

1. Lampu indikator oli menyala

Tanda oli mobil kurang yang paling mudah dikenali adalah lampu indikator oli menyala. Dalam beberapa kasus, lampu indikator tidak menyala dengan jelas, melainkan hanya berkedip.

Namun, jika memang melihat lampu indikator oli menyala walau sebentar, bisa jadi memang kuantitas oli mobil kurang. Segera lakukan pengecekan untuk memastikan kuantitas oli mobil.

2. Mesin mengeluarkan bunyi kasar

Selain lampu indikator, suara mesin juga bisa menjadi tanda oli mobil kurang. Jika oli mesin sudah mencapai batas minimum, biasanya mesin akan mengeluarkan bunyi khusus.

Bunyi mesin akan terdengar lebih kasar dan berisik saat oli kurang. Ini karena mesin mobil kekurangan pelumas sehingga gesekan antar komponen mesin jadi lebih intens.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2791 seconds (0.1#10.140)