Sejarah Vespa Piaggio, dari Skuter Santai hingga Motor Balap

Sabtu, 05 Juni 2021 - 20:03 WIB
loading...
Sejarah Vespa Piaggio, dari Skuter Santai hingga Motor Balap
Cikal bakal Vespa dimulai pada bulan April 1946, ketika Piaggio untuk pertama kalinya memperkenalkan model transportasi baru kepada masyarakat umum di acara Golf Club, Roma. Foto/dok
A A A
ROMA - Cikal bakal Vespa dimulai pada bulan April 1946, ketika Piaggio untuk pertama kalinya memperkenalkan model transportasi baru kepada masyarakat umum di acara Golf Club, Roma.

Wujudnya dilengkapi dengan tameng dan logo yang timbul guna menggantikan lambang Pesawat Piaggio sebelumnya. Saat itu, Vespa berhasil menarik perhatian publik, memberikan kejutan, namun juga keraguan.



Penjualan pertama Vespa bermula dari dealer kecil dengan harga 55.000 Lira untuk model standar, sedangkan model deluxe dibanderol seharga 66.000 Lira.

Kemudian di tahun 1947, Vespa 98 Corsa diciptakan khusus untuk menunjukkan kepada dunia bahwa scooter kecil juga dapat bersaing di arena balap.

Giuseppe Cau merupakan orang pertama yang menggunakan Vespa 98 di sirkuit dan berhasil keluar sebagai pemenang di Climb Monte Mario Hill pada tahun 1947.

Seri kedua dari Vespa 98 diproduksi sebanyak 16.500 unit. Model ini menawarkan perubahan yang signifikan dari model pendahulunya, baik dari segi estetika maupun teknis.



Model tersebut juga dilengkapi oleh ban serep untuk berjaga-jaga apabila pengendara mengalami kempes ban, di mana hal tersebut sangatlah mungkin terjadi karena kondisi jalan yang buruk pasca perang.

Elemen tersebut akhirnya menjadi fitur desain Vespa yang paling dikenal karena alasannya yang sangat fungsional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7347 seconds (0.1#10.140)