Sejarah Ducati Bersaudara, dari Produsen Radio Banting Setir Jadi Pabrik Motor

Selasa, 08 Juni 2021 - 05:28 WIB
loading...
Sejarah Ducati Bersaudara, dari Produsen Radio Banting Setir Jadi Pabrik Motor
Siapa sangka, di balik nama besarnya, Ducati ternyata berawal dari perusahaan produsen peralatan radio dan elektronik. Foto: ist
A A A
ITALIA - Ducati telah menghasilkan berbagai sepeda motor bertenaga dan berkualitas tinggi dengan desain inovatif dan teknologi modern sejak berdirinya perusahaan pada 1926.

Ducati merupakan produsen motor terkemuka asal kota Bologna, Italia, yang juga jadi salah satu pioner dalam bidang sepeda motor selain Harley-Davidson dan BMW.



Tapi siapa sangka, di balik nama besarnya, Ducati ternyata berawal dari perusahaan produsen peralatan radio dan elektronik.

Tiga bersaudara asal Italia adalah pendiri Society Scientifica Radio Brevetti Ducati, yakni Adriano, Bruno dan Marcello Ducati, bersama dengan ayah mereka Antonio.

Perusahaan dimulai sebagai produsen komponen radio karena eksperimen Adriano dengan teknologi radio yang saat itu sedang berkembang.

Ducati sangat sukses sepanjang 1930-an di bidang ini. Tapi pada Perang Dunia II mereka harus menghentikan produksi ketika Jerman menduduki pabrik Ducati pada tahun 1943.

Kejadian tersebut lantas memaksa ketiga bersaudara untuk memikirkan kembali strategi mereka saat dilanda masalah keuangan karena perang dan kehilangan pendapatan, sehingga perusahaan mereka diambil alih oleh pemerintah Italia.

Usai Perang Dunia II selesai, Ducati berusaha memulai kembali bisnis yang berantakan. Tapi arah bisnisnya berubah sudah tidak lagi membuat komponen radio.

Sejarah Ducati Bersaudara, dari Produsen Radio Banting Setir Jadi Pabrik Motor

Ducati kemudian melihat ada kesempatan di bidang otomotif dan transportasi. Maka Ducati mulai membuat mesin. Pada 1946 lahirlah mesin motor mungil 50 cc Cucciolo. Mesin tersebut bukanlah desain Ducati melainkan rancangan Aldo Farinelli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)