Jangan Panik, Ini Cara Menghentikan Mobil Matic Ketika Mengalami Rem Blong

Sabtu, 12 Juni 2021 - 10:29 WIB
loading...
Jangan Panik, Ini Cara Menghentikan Mobil Matic Ketika Mengalami Rem Blong
Vapor lock ini merupakan kondisi di mana uap udara masuk ke dalam rem yang dapat mengganggu fungsinya, bahkan mengalami rem blong. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Saat ini mobil matic diminati banyak orang karena tidak begitu melelahkan ketika dibawa mengemudi. Maklum saja, pengendara hanya perlu menginjak pedal rem dan gas ketika mengemudi mobil matic.

Saat melintasi jalan menurun atau macet, mobil matic hanya mengandalkan pedal rem untuk mengurangi laju kendaraan. Karena rem sering digunakan ini nisa menyebabkan vapor lock.



Vapor lock ini merupakan kondisi di mana uap udara masuk ke dalam rem yang dapat mengganggu fungsinya, bahkan mengalami blong.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketika mobil matic Anda mengalami rem blong saat dikemudikan. Dikutip dari situs Daihatsu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan jika mengalami rem blong pada mobil matic:

1. Nyalakan lampu hazard dan bunyikan klakson

Hal utama yang harus dijaga saat mengalami rem blong pada mobil matic adalah tidak panik. Dengan kondisi tenang, Anda jadi bisa menguasai kemudi dan bisa berfikir jernih apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Nyalakan lampu hazard untuk memberi tanda pada mobil lain kalau mobil Anda sedang mengalami masalah sehingga mereka bisa lebih berhati-hati.

Jangan lupa sambil menguasai kemudi Anda disarankan untuk membunyikan klakson. Cara ini untuk memberi tahu pengendara yang ada di depan atau samping mobil Anda jika mereka tidak melihat lampu hazard yang sudah dinyalakan.

2. Pindahkan transmisi ke posisi L secara berbenjang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)