Tips Mudah Isi Freon AC Mobil di Rumah

Jum'at, 11 Juni 2021 - 22:01 WIB
loading...
Tips Mudah Isi Freon AC Mobil di Rumah
Ilustrasi perawatan mobil. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - AC menjadi satu bagian penting di mobil. Jika ada sedikit saja masalah AC akan menjadi tidak dingin dan tidak akan nyaman berada di dalam mobil.

Untuk diketahui AC mobil bekerja mendinginkan kabin dengan memanfaatkan freon. Mendengar freon pasti teringat akan AC di rumah. Memang benar, semua pendingin udara termasuk AC menggunakan freon untuk bisa bekerja.

Freon merupakan senyawa kimia yang disebut juga refrigerant, bentuknya adalah gas yang dimanfaatkan menjadi fluida penyerap beban pendingin. Ciri dari freon adalah tidak memiliki warna serta bau.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, berikut ini langkah-langkah pengisian freon yang dapat dilakukan di rumah.

1. Mengosongkan sisa freon

Langkah pertama adalah mengosongkan freon yang tersisa dalam AC. Tujuannya agar freon baru tak bercampur dengan yang lama. Karena jika keduanya bercampur, maka akan mempengaruhi kinerja dari AC.

Caranya adalah dengan memasang manifold gauge atau manometer gauge yang merupakan alat untuk membaca tinggi atau rendahnya tekanan. Alat ini perlu ditutup kemudian digunungkan ke selang berwarna merah.

Secara terperinci, pasang selang tekanan rendah warna merah ke port S atau L kompresor AC. Kemudian selang yang bertekanan tinggi warna biru pada port H atau D di kompresor AC. Apabila sudah selesai, buka kran tekanan rendah dan tinggi hingga freon keluar.

Tanda jika freon sudah habis adalah tekanan di keduanya menjadi nol dan tak ada suara berdesis yang keluar dari selang.

2. Vakum sisa freon dan membersihkan AC
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)