Mengenal Bagian-bagian Pada Pintu Mobil

Jum'at, 11 Juni 2021 - 23:01 WIB
loading...
Mengenal Bagian-bagian Pada Pintu Mobil
Ilustrasi salah satu merek mobil. FOTO/ Ist
JAKARTA - Pintu mobil merupakan salah satu komponen penting bodi mobil.

Selain berfungsi sebagai tempat keluar masuk penumpang dan barang, pintu juga menjadi tempat terhubungnya sistem kelistrikan mobil dan bahkan sistem audio mobil.

BACA JUGA - Selain UFO, Benda Misterius di Pentagon Pesawat Canggih China dan Rusia

Berikut ini ulasan mengenai bagian-bagian pada pintu mobil.



1. Panel dalam dan luar

Pintu mobil ada banyak jenis dan bentuknya. Namun, pada dasarnya setiap pintu mobil terdiri atas dua buah panel, yaitu panel dalam dan luar.

Kedua panel tersebut disatukan dengan metode press hingga menjadi sebuah konstruksi yang kuat.

Panel bagian dalam sendiri merupakan sumber kekuatan pintu mobil. Kekuatan tersebut dihasilkan dari profil lekukan yang dimiliki panel dalam.

Panel dalam juga menjadi tempat untuk menyimpan kabel-kabel jaringan sistem kelistrikan mobil. Sementara itu, panel luar berperan sebagai penutup yang melindungi seluruh komponen di dalam pintu mobil.

2. Dudukan engsel pintu



Bagian pintu mobil berikutnya adalah dudukan engsel pintu. Dudukan ini adalah bagian penting pada pintu mobil.

Sebab, tanpa adanya komponen ini, pintu tidak akan bisa tersambung dengan keseluruhan bodi mobil. Gangguan pada dudukan engsel pun bisa menimbulkan kerusakan fatal.

Menurut laman Auto2000, jika engsel pintu tidak simetris lagi, pintu tidak akan bisa menutup sempurna. Jalan satu-satunya untuk memperbaiki kerusakan tersebut adalah dengan melakukan pengelasan pintu. Proses tersebut terbilang rumit karena komponen-komponen yang ada di dalam pintu harus dilepas dahulu.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE