Bisa Fatal Akibatnya, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Minta Diganti

Senin, 14 Juni 2021 - 15:04 WIB
loading...
A A A
Selain tidak nyaman, kondisi ini juga bisa berbahaya bagi Anda dan seluruh penumpang.

2. Pedal Rem Terlalu Dalam

Tanda-tanda lainnya akan terasa ketika menginjak pedal rem lebih dalam dari biasanya. Umumnya kondisi satu ini akan Anda rasakan apabila bagian kampas rem tromol di bagian roda belakang telah habis.

Ini terjadi karena rem tromol memiliki pegas pengembali, jadi meskipun piston bergerak jauh maka akan tetap kembali ke posisinya semula.

Dan ketika kampas rem mobil Anda habis, kondisi ini akan terjadi di mana gerakan piston harus jauh agar tromol bisa tertekan, sehingga terasa lebih dalam saat Anda menekan pedal rem.



Berbeda saat kampas rem mobil masih tebal, karena tromol rem bisa tertekan dengan mudah meski piston bergerak sedikit saja.

3. Rem Kurang Pakem

Saat kampas rem mobil habis, Anda pasti akan merasa bahwa rem kendaraan menjadi tidak begitu pakem. Hal ini terjadi akibat penekanan dari kampas terhadap piringan jadi kurang merata, sehingga luas penampang dari rem pun menjadi lebih kecil.

Alhasil, tenaga pengereman yang dihasilkan juga kurang maksimal meski Anda telah menekan pedal rem lebih dalam. Kalau sudah memasuki kondisi ini, Anda harus waspada dan segera mengganti kampas rem mobil tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)