Bisa Fatal Akibatnya, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Minta Diganti

Senin, 14 Juni 2021 - 15:04 WIB
loading...
Bisa Fatal Akibatnya, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Minta Diganti
Peranti ini sangat penting untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Rem merupakan peranti pada kendaraan untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Ketika gerakan roda diperlambat, secara otomatis laju kendaraan menjadi lambat.

Peranti ini sangat penting untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan. Usia pakai kampas rem juga tergantung dari pemakaian kendaraan

Tak hanya sekedar rem tidak pakem kampas harus diganti. Beberapa ciri-ciri lain juga bisa dijadikan patokan bahwa peranti rem minta perhatian dari pemiliknya.



Sayangnya sedikit pengendara yang mengetahui kapan kampas rem harus diganti. Dikutip dari situs Daihatsu, berikut tanda-tanda bahwa kampas rem mobil Anda minta diganti:

1. Pedal Rem Bergetar Ketika Diinjak

Ciri pertama dari kampas rem mobil yang habis yaitu pedal rem akan terasa bergetar saat diinjak. Kondisi ini terjadi karena kampas rem yang habis membuat permukaannya tidak lagi rata, sehingga akan terasa bergetar.

Dengan kampas rem yang sudah habis, otomatis cakram rem pun tidak dapat mencengkram secara sempurna, membuat getaran di pedal rem kian terasa.

Tentu hal tersebut bisa membuat pengendara tidak nyaman ketika melakukan pengereman kendaraan.

Terlebih getaran tersebut ternyata tidak hanya terasa pada bagian pedal rem saja, namun juga bisa berdampak pada bagian setir atau kemudi apabila tidak segera ditangani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3345 seconds (0.1#10.140)