Cek dan Lakukan Cara Ini Agar Suara Mesin Mobil Anda Kembali Halus

Senin, 21 Juni 2021 - 00:12 WIB
loading...
Cek dan Lakukan Cara Ini Agar Suara Mesin Mobil Anda Kembali Halus
Ketika suara mesin kasar yang berangsur terus menerus maka dipastikan mobil Anda mengalami gangguan. Foto/dok
JAKARTA - Suara mobil kasar dan berisik saat mesin dalam kondisi dingin setelah di starter memang terasa tidak nyaman di telinga Anda. Pasalnya mobil dalam kondisi sehat pastinya memilki suara yang halus.

Ketika suara mesin kasar yang berangsur terus menerus maka dipastikan mobil Anda mengalami gangguan. Lakukan pengecekan lebih lanjut jika itu menganggu kenyamanan Anda.

BACA: Yuk Kenali Ciri-ciri Oli Gardan Mobil harus Diganti

Berikut ini di lansir dari Auto2000, mengenai penyebab dan solusi jika di temui suara mobil kesar saat mesin dalam keadaan dingin:



1. Level kekentalan oli berubah

Suara mesin mobil kasar saat dingin tidak selalu melulu tentang komponen yang mengalami keausan atau rusak. Penyebab itu bisa timbul akibat level kekentalan oli berubah. Setiap kendaraan membutuhkan tingkat kekentalan oli yang berbeda.

Solusinya adalah gunakan oli mobil sesuai spesifikasi mesin pada buku petunjuk penggunaan kendaraan Anda. Jika tidak sesuai dengan karakter mesin Anda maka akibatnyan mincul suara yang aneh tak bisa pada mesin mobil Anda.

2. Masalah pada pompa oli mesin

Jika didapati saat melalukan pengecekan oli ternyata kondisi olinya masih bagus, maka faktor lain yang dapat menyebabkan suara mobil berisik adalah pompa oli yang bermasalah. Pompa ini memiliki fungsi sangat penting untuk memompa oli dari saringan bawah ke seluruh komponen di dalam mesin dan sebagian disemprotkan lewat oil jet.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE