Cek dan Lakukan Cara Ini Agar Suara Mesin Mobil Anda Kembali Halus

Senin, 21 Juni 2021 - 00:12 WIB
loading...
A A A
Solusinya yaitu lakukan segera lakukan perbaikan maupun penggantian part ke bengkel apabila ditemui pompa bensin yang rusak dan bermasalah.



3. Bearing atau pulley mobil mengalami keausan

Penyebab selanjutnya bisa disebabkan oleh masalah bearing atau pulley mobil mengalami keausan. Bearing merupakan bantalan pengganjal dua komponen di dalam mesin yang saling bergesekan.

Benda ini berfungsi mencegah komponen gampang aus. Jika bering mengalami keausan bahkan rusak sudah pasti dua komponen akan saling bergesekan keras dan menimbulkan suara.

Solusinya yang tepat adalah bawalah mobil ke bengkel untuk melakukan pergantian. Hal ini disebabkan karena Anda pasti merasakan kesulitan saat akan membongkarnya sendiri.

Sebab banyak komponen bearing dan pulley yang terdapat pada mobil. Perlunya kebengkel untuk mendiaknosa lebih lanjut terkait keausan maupun kerusakan dari bearing mobil tersebut.

4. Katup mesin

Jika mendengar suara mesin menggerung atau mendengung di pagi hari. Tepatnya saat kondisinya mesin dingin dan baru dinyalakan cobalah untuks cek katup mesin. Biasanya, celah katup mesin mobil berjarak sekitar 0,2 mm hingga 0,3 mm.

Jarak ini sudah disetel saat mobil dirakit di pabrikan. Akan tetapi seiring dengan penggunaan mobil terus menerus maka jarak celah bisa melonggar atau bahkan menyempit. Kalau jarak katup melebar, maka mobil akan mengeluarkan suara berisik. Sedangkan, kalau jaraknya menyempit, mobil akan bersuara berisik dan bergetar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)