Tips Mengatasi Kaca Berembun Saat Hujan, Bisa Pakai Tembakau dan Shampo

Rabu, 23 Juni 2021 - 06:07 WIB
loading...
Tips Mengatasi Kaca Berembun Saat Hujan, Bisa Pakai Tembakau dan Shampo
Foto/dok
JAKARTA - Hujan yang mengguyur ketika sedang berkendara kadang menimbulkan masalah terutama di kaca depan. Embun yang terjadi akibat perubahan suhu di dalam mobil dan di luar ruangan membuat pandangan pengendara terganggu.

Jarak pandang yang terganggu akibat embun ini bisa membahayakan pengemudi di jalan raya. Konsentrasi pengemudi juga bisa terpecah karena harus membersihkan embun dengan kanebo atau lap kain.

BACA: Lakukan Cara Ini Agar Mobil Tidak Boros Bahan Bakar

Berikut tips mengatasi kaca berembun saat hujan yang dikutip dari beberapa sumber:



1. Manfaatkan Tembakau

Kandungan nikotin pada tembakau, diyakini mampu menyerap air sekaligus mencegah kaca kendaraan berembun terutama ketika musim hujan tiba.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu mengoleskan tembakau rokok Anda pada kaca secara merata. Tapi tetap harus dilakukan secara hati-hati karena tembakau juga bisa meninggalkan goresan jika dioleskan secara kasar.

2. Pakai Shampo Rambut

Siapa sangka jika sampho rambut juga bisa mengatasi kaca mobil mengembun saat hujan. Cukup dengan mengoleskannya pada kaca mobil secara merata lalu lap menggunakan kain bersih, maka pembentukan embun dapat teratasi.

3. Nyalakan AC



Seperti diketahui, terbentuknya embun disebabkan dari perbedaan kelembaban dan suhu antara di luar dengan kabin mobil. Dengan menyalakan AC, embun bisa dihindari karena suhu di luar dengan di dalam sudah menyesuaikan.

BACA JUGA: Guangdong Bakal Jadi Pusat Covid-19 Baru

Kendati begitu tetap atur suhu AC, jangan biarkan juga penumpang merasa mati rasa akibat kedinginan. Dalam kondisi tersebut, Anda bisa mengenakan jaket dan menyediakan selimut agar semua penumpang tetap nyaman.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE