Tahapan Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:01 WIB
loading...
Tahapan Mencuci Mesin Mobil yang Benar
ilustrasi perawatan mobil. FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Mesin mobil merupakan komponen terpenting bagi di kendaraaan. Untuk itu kebersihan ruang mesin mobil harus terus dijaga karena mampu menunjang performa kendaraan.

Sebab, kerap kali bagian ini menjadi sarang debu, kerak-kerak sisa oil dan terdapat karat di dalamnya.

BACA JUGA - Langsam Jurus Maut 'Tepeng' Steven And Coconut Treez

Selain untuk menjaga performa, mencuci mesin mobil juga dapat memperpanjang usia pakainya. Melihat bagaimana banyaknya komponen mekanik dan kelistrikan di dalam ruang mesin mobil, jangan sampai asal-asalan memilih layanan ini.



Mengutip laman Auto2000, Rabu (23/6/2021), berikut ini tahapan cuci mesin mobil yang benar.

1. Kondisi mesin hangat

Untuk langkah awal, Anda dapat menjaga kondisi mesin tetap hangat. Agar menghasilkan suhu paling tepat, diamkan mobil selama 5 hingga 10 menit setelah digunakan. Jika mesin mobil benar-benar dingin, coba nyalakan sebentar karena ada tujuan dari hal ini.

Mesin yang hangat membuat air yang membilas mesin lebih cepat menguap. Itulah mengapa harus memastikan langkah ini berjalan dengan sesuai.

2. Lindungi komponen kelistrikan dan sensor elektronik

Mesin mobil yang dalam keadaan mati tetap perlu dilindungi ketika proses pencucian. Khususnya komponen kelistrikan dan sensor elektronik.



Untuk mobil keluaran baru, sebenarnya sudah ada perlindungan khusus untuk komponen anti air. Namun jika merasa kurang yakin dapat dilapisi setiap komponen tersebut dengan plastik atau aluminium foil.

3. Peralatan yang harus dipersiapkan

Sekarang waktunya menyiapkan beberapa peralatan yang wajib digunakan. Beberapa peralatan tersebut adalah selang untuk cuci mobil, ember, sikat, lap kain biasa, lap microfiber, cairan pembersih mesin mobil/engine degreaser, serta sabun cuci mobil.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE