Waspada Jika Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih, Ini Penyebabnya

Minggu, 04 Juli 2021 - 11:09 WIB
loading...
Waspada Jika Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih, Ini Penyebabnya
Jika terdapat asap putih tak lazim pada kendaraan bisa jadi kendaraan Anda mengalami gangguan cukup serius. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pada dasarnya setiap mobil bensin dalam kondisi prima mengeluarkan setidaknya asap tipis yang ditimbulkan dari uap air. Asapnya tidak berwarna dan masih dalam batas normal.

Berbeda dengan mobil diesel yang mengeluarkan asap berwarna hitam. Biasanya disebabkan karena pengaruh oktan bahan bakar yang digunakan.

BACA: Lakukan Cara Ini Agar Mobil Tidak Boros Bahan Bakar

Akan tetapi apa jadinya jika mobil bensin mengeluarkan asap berwarna putih pekat. Jika terdapat asap putih tak lazim pada kendaraan bisa jadi kendaraan Anda mengalami gangguan cukup serius.

Jika gangguan tersebut dibiarkan maka akan muncul masalah pada mesin Anda. Dilansir dari blog Auto2000, berikut penyebab knalpot mengeluarkan asap putih:

1. Oli yang Bocor ke Ruang bakar

Ini bisa saja menjadi indikasi pertama penyebab knalpot mengeluarkan asap putih pekat.

Gejala ini sering dinamakan sebagai ‘mesin makan oli’. Jangan Anda biarkan masalah ini terlalu lama. Hal ini disebabkan semakin sering oli bocor, maka volumenya pasti akan berkurang atau bisa habis.

Jika oli habis maka mesin akan bergesekan bahkan jebol meporak-porandakan komponen di dalamnya. Lalu mobil Anda mengalami mogok dan mengharuskan untuk terun mesin.

Penyebab oli bocor ke ruang bakar bias disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1603 seconds (10.101#12.26)