Ban Mobil Sering Kempes, Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Senin, 05 Juli 2021 - 19:01 WIB
loading...
Ban Mobil Sering Kempes, Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Pernah merasakan ban mobil sering kempes tapi tidak bocor? Foto/dok
A A A
JAKARTA - Permasalahan ban kempes kerap kali terjadi bagi pengguna mobil. Tapi pernah merasakan ban mobil sering kempes tapi tidak bocor?

Rupanya ban kempes tidak hanya dipicu oleh kebocoran saja. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang tanpa disadari bahwa mampu membuat ban mobil kempes.

Dilansir dari laman Auto2000, Senin (5/7/2021), berikut ini beberapa penyebab ban mobil sering kempes padahal tidak ada kebocoran sama sekali.



1. Mobil diparkir terlalu lama

Jika lama memarkir mobil, seperti lebih dari 1 minggu, ini bisa jadi penyebab ban mobil kempes.

Berdasarkan Hukum Gay-Lussac, ada pernyataan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. Dengan begitu, suhu yang tinggi dapat menyebabkan tekanan lebih tinggi lagi.

Di dalam ban mobil, ketika suhu dingin, maka penurunan ini menyebabkan tekanan ban menjadi menurun. Akhirnya apa yang Anda dapatkan? Ban mobil menjadi kempes.

Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan. Ketika karet mengerut, maka terbentuk ruang kosong antara ban dengan velg. Inilah yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya.

2. Lubang angin ban rusak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)