Tips Merawat Mobil Diesel Biar Lebih Awet dan Makin Bandel

Jum'at, 25 Juni 2021 - 17:03 WIB
loading...
Tips Merawat Mobil Diesel Biar Lebih Awet dan Makin Bandel
Adakalanya asap keluar dari selang pernafasan mesin diesel. Ini tentu menjadi masalah yang sangat mengganggu. Foto/dok
JAKARTA - Adakalanya asap keluar dari selang pernafasan mesin diesel. Ini tentu menjadi masalah yang sangat mengganggu. Apalagi tidak mungkin kondisi mesin normal namun ada asap keluar dari bagian selang pernafasan.

Masalah ini memang mengganggu kinerja mesin karena sudah pasti ada yang rusak. Biasanya, selain keluar asap putih dari lubang, akan terdengar bunyi angin bocor yang cukup keras.

BACA: 2030, Kiamat Kecil Buat Mobil Berbahan Bakar Fosil

Ketika ada asap keluar dari selang pernafasan mesin diesel yakni berupa uap oli tipis dengan warna sedikit kehitaman, itu merupakan hal wajar. Namun jika yang keluar malah asap putih, maka itu menjadi masalah.



Mengutip laman Auto2000, Jumat (25/6/2021), penyebab dari masalah ini biasanya dipicu oleh seal injektor mengalami kebocoran.

Kondisi ini membuat pembakaran mesin yang terjadi meliputi sebagian oli. Ada sebagian oli yang ikut terbakar dan menembus seal injektor sehingga masuk ke ruang di bawah tutup klep mesin.

Jadi permasalahan terjadi karena selang pernafasan mesin mobil diesel terjadi kebocoran kompresi mesin. Kebocoran ini menembus di ruang di atas kepala silinder.

BACA JUGA: Tinder Hadirkan Fitur Video untuk Pengguna di Indonesia

Jika terus dibiarkan, ada masalah lain yang dapat terjadi, yakni keluar asap putih dari knalpot.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE