Mengenal Lebih Banyak Fungi Karet Atap Mobil

Jum'at, 09 Juli 2021 - 23:08 WIB
loading...
Mengenal Lebih Banyak Fungi Karet Atap Mobil
ilustrasi mobil karet atap. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Karet atap mobil kerap dianggap hanya aksesoris semata. Padahal, sebenarnya ada banyak kegunaan lain dari karet atap mobil ini.

Salah satunya adalah sebagai pelindung atap saat sedang hujan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari laman Auto2000, Jumat (9/7/2021), berikut ini fungsi karet atap mobil.

1. Mengarahkan aliran air

Karet atap umumnya dipasang pada sisi kanan dan kiri atap mobil, tapi ternyata ada alasan khusus mengapa demikian.

Karet atap mobil dipasang pada sisi kanan dan kiri untuk mengarahkan aliran air. Biasanya saat hujan atau saat mobil terkena air di bagian atas, terdapat aliran air yang meluncur dari bagian atap mobil menuju ke bawah.

Fungsi karet atap ini mengarahkan aliran air tersebut agar mengalir ke arah yang tepat dan menghindari komponen mobil yang sensitif terhadap air. Selain itu, karet atap juga membantu agar aliran air tidak terlalu deras saat mencapai kap mesin mobil.

2. Melindungi sela-sela atap mobil

Fungsi karet atap mobil yang berikutnya adalah untuk melindungi sela-sela atap mobil. Seperti yang diketahui, pada atap mobil terdapat celah cekung. Celah cekung itu berpotensi menjadi kubangan air saat sedang musim hujan. Sebab, air hujan yang jatuh pada permukaan atap terperangkap dalam celah cekung tersebut. Hal ini jelas merugikan karena dapat membuat mobil terlihat kotor.

Untuk itu, karet atap adalah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adanya karet atap mobil, maka aliran air akan lancar. Air yang membasahi permukaan atap akan langsung jatuh mengikuti garis karet mobil. Dengan begitu, atap mobil akan terbebas dari endapan air dan sela-sela atap pun tetap terlindungi.

3. Mencegah penumpukan air
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5776 seconds (0.1#10.140)