Tampang Mobil Trungtung, Kemampuan Truk Listrik Xbus Tak Bisa Diremehkan

Kamis, 15 Juli 2021 - 20:03 WIB
loading...
Tampang Mobil Trungtung, Kemampuan Truk Listrik Xbus Tak Bisa Diremehkan
Produsen otomotif asal Jerman, Electric Brands baru-baru ini memperkenalkan kembali prototipe truk listrik dengan desain mungil seperti pada film layar lebar wall-e. Foto/dok
BERLIN - Produsen otomotif asal Jerman, Electric Brands baru-baru ini memperkenalkan kembali prototipe truk listrik dengan desain mungil seperti pada film layar lebar wall-e. Truk mungil bernanama XBUS rencananya akan dipasarkan pada tahun 2022.

Melansir dari Carscoops, Kamis (15/7/2021), truk dengan penggerak listrik ini diklasifikasikan sebagai mobil kelas L7e-B2. Bobot mobil ini sangat ringan karena menggunakan teknologi body modular.

BACA: Eropa Akui Ahli Bunuh Varian Delta dengan Dua Vaksin Covid-19

Karena bodinya yang ringan, muatan barang Xbus juga dibatasi sekitar 450-600 kg. Sedangkan di kabin, truk ini memiliki empat kursi penumpang dengan dua di depan dan dua dibagian belakang.

Tampang Mobil Trungtung, Kemampuan Truk Listrik Xbus Tak Bisa Diremehkan


Rencananya mobil listrik ini akan dibuat dua versi, namun keduanya memiliki spesifikasi off-road dengan ban all-terrain dan ground clearance yang lebih tinggi untuk mendukung penggunaan all-wheel drive.



Desain exterior mobil pabrikan Jerman ini memiliki wajah yang kaku dengan satu set lampu depan LED bundar dengan posisi tinggi. Jika dilihat sekilas, mobil ini mirip dengan Suzuki Carry jadul yang biasa disebut mobil trungtung karena bunyinya yang cempreng.

Tampang Mobil Trungtung, Kemampuan Truk Listrik Xbus Tak Bisa Diremehkan


Kendati memiliki tampang yang kaku, dasbor baru mobil ini begitu canggih. Terdapat head unit dengan layar sentuh, dua slot USB speaker, serta tombol transmisi yang terletak di setir.

Truck mungil ini hadir dengan 2 model varian. Pertama varian standar dengan baterai 10 kWh, memungkinkan jangkauan 200 km (124 mil). Baterai mobil ini bisa diupgrade ke baterai 30 kWh opsional yang akan meningkatkan jangkauan listrik hingga 600 km (373 mil).



BACA JUGA: Tata Cara dan Persyaratan untuk Daftar Vaksin Gratis Lewat Shopee

Varian kedua yaitu memiliki drivetrain listrik penggerak empat roda permanen terdiri dari empat motor hub yang menghasilkan gabungan tenaga 20 hp (15 kW/20 PS) daya terus menerus dan puncaknya mencapai 75 hp (56 kW/76 PS) dengan torsi lebih dari 1.000 Nm (738 lb-ft).
(ysw)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE