Masalah Ini Akan Timbul Jika Motor Matik Anda Lama Tak Digunakan

Sabtu, 17 Juli 2021 - 13:06 WIB
loading...
Masalah Ini Akan Timbul Jika Motor Matik Anda Lama Tak Digunakan
Beberapa komponen mudah rusak akibat motor jarang digunakan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Mengingat aturan PPKM Darurat yang diperpanjang sampai akhir Juli nanti membuat orang bekerja secara WFH dan banyak menghabiskan waktu di rumah. Hal tersebut membuat motor kesayangan Anda tidak digunakan dalam jangka waktu lama, khususnya motor matik .

Kondisi seperti ini membuat beberapa komponen mudah rusak akibat motor jarang digunakan. Kira-kira apa saja komponen yang rentan rusak. Berikut ini dilansir dari beberapa sumber, mengenai komponen yang mudah rusak akibat motor jarang digunakan:

BACA: Surga Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

1. Aki soak

Ini menjadi penyebab utama bila motor tidak digunakan dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan strum kelistrikan pada aki akan berkurang kemampuannya secara perlahan. Maka dari itu listrik yang dihasilkan tidak stabil dan akan menyebabkan kinerja aki tidak kuat untuk menyalakan motor.

2. Busi bermasalah

Komponen ini juga mudah rusak akibat motor tidak digunakan. Sebabnya tidak adanya pengapian pada motor selama tidak digunakan. Akibatnya adalah daya tahan busi makin lama akan menurun kualitasnya sehingga tidak memerecikan api dengan optimal.

BACA JUGA: Membangun Hotel di Bulan, Mimpi Panjang yang Belum Terwujud

3. Bensin basi

Bahan bakar minyak atau (BBM) juga bisa terjadi penurunan kualitas loh. Situasi seperti ini diakibatkan bensin menguap karena mengendap terlalu lama pada tangki sehingga dapat menyebkan bensin basi. Motor yang mengalami masalah bensin basi maka performa kendaraan akan menurun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3383 seconds (11.210#12.26)