Cara Kembalikan Warna Mobil Putih yang Terlihat Kusam dan Menguning

Rabu, 21 Juli 2021 - 22:05 WIB
loading...
Cara Kembalikan Warna Mobil Putih yang Terlihat Kusam dan Menguning
Cukup sulit merawat mobil putih. Karena debu dan kotoran tidak segera dibersihkan, bisa menimbulkan oksidasi saat terkena sinar matahari. Foto: Sindonews/Astra Bonardo
JAKARTA - Memiliki mobil berwarna putih dan bersih acap jadi daya tarik tersendiri. Tentu mata dan hati senang untuk memandang mobil yang terlihat bersih dan mengkilat.

Namun, nyatanya cukup sulit merawat mobil berwarna putih. Ini karena debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil jika tidak segera dibersihkan, bisa menimbulkan oksidasi saat terkena sinar matahari. Dampaknya, yang akan merusak lapisan clear coat pada mobil body. Sehingga warna mobil menjadi kusam dan menguning.

BACA JUGA: Review TWS Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds, Bassnya Paling Dahsyat!

Pada bodi mobil warna putih, biasanya lapisan clear coat yang mendapat oksidasi. Jika dibiarkan lama maka akan semakin terlihat perubahan warna jadi kekuningan.



Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan mobil putih kembali putih:

1. Cuci dengan Shampo Khusus
Hal pertama yang harus dilakukan dalam proses pembersihan mobil yaitu dengan mencuci mobil agar debu dan kotoran hilang.
Anda bisa mencuci menggunakan sampo khusus agar kotoran yang menempel di bodi bisa terangkat.

Gunakan shampo yang memiliki tingkat keseimbangan pH tepat dengan tujuan meminimalisir terjadinya goresan dan warna kusam akibat shampo.

Perhatikan pula waktu yang tepat saat mencuci. Untuk menghindari kerusakan pada cat mobil, ada baiknya cuci mobil sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore.

Hindari sinar matahari terik secara langsung. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang terkena cat bodi dapat membuat sisa air cucian yang mengandung busa sabun cepat kering sehingga menyebabkan kerak.

2. Bersihkan dengan Clay Bar
Clay bar merupakan alat yang biasa dipakai pada salon detaling mobil. Memiliki bahan yang lentur seperti karet berbentuk kotak dan berfungsi untuk mengangkat noda yang menempel pada bodi mobil.



Namun yang perlu menjadi perhatian, clay bar ini tidak boleh jatuh ke tanah, karena dikhawatirkan ada pasir atau kerikil yang menempel sehingga akan menimbulkan goresan pada cat mobil.

Cara penggunaanya mudah. Keluarkan clay bar dan potong-potong agar ukurannya tidak terlalu besar. Setelah itu, bentuk seperti adonan tanah liat. Kemudian Anda bersihkan pada body mobil yang telah dibasahi dengan mengosok dengan satu arah secara merata .

3. Poles Mobil
Ketika debu dan kotoran sudah mulai hilang, tahap selanjutnya Anda bisa memoles mobil menggunakan wax rekomendasi pabrikan untuk menghilangkan warna kusam yang menempel.

Namun kekurangannya yaitu pemolesan mobil dapat membuat cat menjadi lebih tipis karena terkikis oleh pemoles. Jadi, jangan terlalu sering memoles untuk menghindari cat mobil menjadi tipis dan dapat menyebabkan cat belang.

BACA JUGA: Memakai POCO M3 Pro 5G di Jaringan 5G Telkomsel, Apa Dampaknya dalam Keseharian?

4. Waxing
Setelah warna cat kembali seperti semula, ada satu langkah lagi untuk melindungi cat mobil lebih tahan lama dan tidak menguning yaitu dengan melakukan waxing.

Waxing berfungsi untuk merawat dan memberikan perlindungan pada cat mobil Caranya sangat mudah. Yaitu dengan menggunakan sponge khusus untuk mendistribusikan wax pada keseluruhan bagian mobil untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam perlindungan cat mobil Anda.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE