Gokil, YouTuber JerryRigEverything Ubah Mesin Humvee Jadi Full Listrik

Senin, 02 Agustus 2021 - 11:37 WIB
loading...
Gokil, YouTuber JerryRigEverything Ubah Mesin Humvee Jadi Full Listrik
Mesin besar Humvee diubah dengna Drivetrain EV full listrik yang ramah lingkungan. Foto: Youtube
A A A
CALIFORNIA - Berbeda dengan Hummer yang dipasarkan untuk umum, High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau Humvee dirancang khusus sebagai kendaraan militer. Maka, spesifikasinya pun berbeda.

Nah, Zack Nelson, YouTuber yang dikenal dengan channel JerryRigEverything bereksperimen memodifikasi Humvee diesel menjadi mobil berpenggerak full elektrik (EV).



Dilansir dari Carscoops (02/07), pria asal Utah Amerika Serikat (AS) tersebut membagikan prosesnya lewat channel YouTubenya.

Biasanya, Zack dikenal mengutak-atik ponsel. Tapi, kini ia membawa konten baru dengan mengubah dan memodifikasi mobil tentara militer.

Gokil, YouTuber JerryRigEverything Ubah Mesin Humvee Jadi Full Listrik

Mengapa harus repot-repot melakukannya? Zack beralasan bahwa mobil militer dikenal dengan mesin boros. Juga, asap knalpot yang merusak lingkungan. Karena itu, ia mencoba membuat mobil militer itu jadi mobil ramah lingkungan. Penggantiannya menyeluruh. Karena seluruh powertrain-nya diubah jadi listrik.

Maka, mesin Humvee V8 Turbo diesel dengan kapasitas mesin 6.500cc ditinggalkan. Sebagai gantinya, Zack menggunakan baterai dari Tesla Model X yang memiliki kekuatan daya sebesar 450 volt.

Zack yang memiliki 6,8 juta subscribers mengakui bahwa ini akan menjadi proyek mahal. Ini karena ukuran dan berat Humvee yang sangat masif.

Meski, dibandingkan kendaraan militer AS lain, Humvee ini mempunyai bobot yang paling ringan.

Bodi Humvee terbuat dari aluminium. Jadi berat keseluruhan mobil tersebut adalah 2.359 hingga 2.676 kg. Bahkan, 50 persen lebih ringan ketimbang mobil Hummer EV besutan GMC yang memiliki bobot 4.103 kg.



Zack berharap proyek ini berhasil di jalankan sebelum GMC Hummer EV baru diluncurkan musim gugur ini. Dirinya memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membuat mobil ini jauh lebih murah ketimbang jika dia membeli kendaraan listrik GMC Hummer listrik seharga USD112.595 atau Rp1,6 milliar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)