Taliban Kuasai Ribuan Humvee Bekas Tentara AS, Ini Spesifikasinya

Rabu, 18 Agustus 2021 - 07:27 WIB
loading...
Taliban Kuasai Ribuan Humvee Bekas Tentara AS, Ini Spesifikasinya
Berkuasanya kembali Taliban di Afghanistan, membuat pasukan tersebut seperti mendapatkan durian runtuh teknologi yang ditinggalkan tentara AS. Foto/dok
A A A
KABUL - Berkuasanya kembali Taliban di Afghanistan membuat pasukan tersebut seperti mendapatkan durian runtuh teknologi yang ditinggalkan tentara AS. Diantara teknologi tersebut, Taliban kini memiliki ribuan kendaraan militer High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) milik tentara AS.

Sebenarnya, teknologi perang AS yang berada di Afghanistan sengaja ditinggalkan untuk angkatan bersenjata negara itu menghadapi Taliban. Sayang, banyak dari tentara Afghanistan yang menyerah dan membiarkan Taliban menguasai kota demi kota.



Dikutip dari Autoblog, Rabu (18/8/2021), hingga saat ini, Oryx Blog telah mencatat hampir 2.000 HMMWV dan kendaraan militer lainnya yang ditangkap dari penyisiran bekas instalasi militer AS dan Afghanistan oleh Taliban.

Varian Humvee menjadi kendaraan terbanyak yang didapat Taliban, kemudian disusul Ford Rangers spesifikasi militer dan kendaraan pendukung seri Navistar International 7000 dan 8000 menjadi bagian terbesar dari sisanya.

Mengenai Spesifikasi Humvee, kendaraan militer ini diproduksi oleh General Motor dengan spesifikasi militer yang tangguh disegala medan. Mobil ini dilengkapi pelindung dan dudukan senjata. Juga fitur modern seperti lampu LED, sistem audio khusus, dan kamera mundur.



Untuk dibagian mesin, Humvee dibekali mesin turbodiesel V8 6.5 liter baru yang dikawinkan dengan gearbox otomatis empat percepatan. Dengan mesin sebesar itu, Humvee memiliki tenaga 190 hp dan torsi hingga 515 Nm.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2956 seconds (0.1#10.140)