India Kini Punya Jalan Tertinggi di Dunia yang Bisa Dilewati Motor

Senin, 09 Agustus 2021 - 20:00 WIB
loading...
India Kini Punya Jalan Tertinggi di Dunia yang Bisa Dilewati Motor
Umling La Pass mengalahkan jalan tertinggi di dunia lain yang bisa dilewati motor seperti Khardung La dan sebuah jalan di Bolivia menuju Gunung Uturuncu. Foto/IST
A A A
INDIA - India kini memiliki jalan tertinggi di dunia yang bisa dilewati sepeda motor setelah Organisasi Jalan Perbatasan India atau India's Border Road Organisation (BRO) membangun jalan baru di kawasan timur Ladakh atau tetpatnya di Umling La Pass.

Jalan baru tersebut dibuat di atas ketinggi 19.300 kaki atau sekitar 5.882 meter di atas permukaan laut. Jarak tempuh jalan baru itu juga tidak main-main panjangnya yakni mencapai 52 kilometer. Jadi menempuh jalan ini merupakan tantangan berat buat para pemotor.

Baca juga : Makin Sangar, Honda Siapkan Paket Mugen buat Honda Civic Type-R

Jalan di Umling La Pass mengalahkan jalan-jalan lainnya yang diyakini sebagai jalan tertinggi di dunia yang bisa dikendarai motor. Beberapa di antaranya adalah Khardung Las Pass, yang sangat familiar bagi biker Indonesia dan negara-negara lainnya. Nyatanya Khardung La Pass hanya memiliki ketinggian 18.380 kaki.

India Kini Punya Jalan Tertinggi di Dunia yang Bisa Dilewati Motor


Bahkan Khardung La Pass masih kalah tinggi dengan jalan di Bolivia yang terhubung dengan Gunung Uturuncu. Jalan di wilayah itu disebutkan Autocar India mencapai ketinggian 18.300kaki.

Tidak hanya lebih tinggi dari jalan-jalan lainnya, jalan Umling La bahkan lebih tinggi daari lokasi base camp pertama para pendaki Gunung everest. Diketahui base camp Gunung Everest terdapat di beberapa titik. Di Nepal terdapat base camp dengan ketinggian 17.598 kaki di atas permukaan laut dan Base Camp Utara di Tibet pada ketinggian 16.900 kaki.



BRO membangun jalan Umling La guna menghubungkan kota-kota di sektor Chumar di Ladakh Timur. Selain itu jalan tersebut dapat digunakan penduduk setempat sebagai rute alternatif yang menghubungkan Chisumle dan Demchok dari Leh. Jalan tersebut juga dikatakan dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi di daerah tersebut dan mempromosikan pariwisata di Ladakh. Tentunya seperti di Khardung La, maka ribuan biker dari berbagai negara di dunia akan mendatangi Umling La.

Baca juga : Charge Mobil Listrik di Rumah, Kok Lebih Lama? Ini Jawabannya

Hanya saja mengendarai motor di Umling La akan jauh lebih ekstrem. Pasalnya selain ketiadaan infrastruktur pendukung berkendara motor seperti SPBU, suhu yang ada di Umling La juga akan sangat keras buat pengendara motor.

Selama musim dingin, suhu dikatakan turun hingga -40 derajat C, sedangkan tingkat oksigen di udara pada ketinggian ini dikatakan 50 persen lebih rendah daripada di permukaan laut. Tidak heran jika pemerintah India mengapresiasi BRO karena berhasil membangun jalan di Umling La dengan kondisi yang sangat ekstrem.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2964 seconds (10.101#12.26)