Hypercar Tanpa Atap dari Aston Martin Hanya Dibuat 85 Unit

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 10:00 WIB
loading...
Hypercar Tanpa Atap dari Aston Martin Hanya Dibuat 85 Unit
Aston Martin Valkyrie Spider diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas jika dibandingkan Aston Martin Valkyrie. Foto/Autoblog.
A A A
JAKARTA - Aston Martin akhirnya merilis resmi saudara kandung mobil hyper atau hypercar mereka, Aston Martin Valkyrie dalam bentuk yang sedikit berbeda, Aston Martin Valkyrie Spider. Tidak main-main, Aston Martin hanya membuatnya sebanyak 85 unit untuk pasar global.

jadi mau tidak mau persaingan untuk mendapatkan hypercar buatan Aston Martin itu semakin sengit. Pasalnya jumlah mobil ini lebih langka dibandingkan kakaknya Aston Martin Valkyrie yang diprodusi sebanyak 150 unit. Apalagi dari segi desain, kemampuan Aston Martin Valkyrie Spider memiliki kelebihan khusus.

Baca juga : Telanjangi Ribuan Foto Wanita dengan Deepfake, Situs Ini Jadi Kontroversi

Jika Aston Martin Valkyrie hadir dengan bentuk atap tertutup, maka saudara kandungnya justru memiliki kemampuan membuka atapnya. Dari situlah Aston Martin memberikan nama Aston Martin Valkyrie Spider. Dimana spider menunjuk pada kemampuan mobil yang atapnya bisa dibuka.

Dari segi eksterior Aston Martin Valkyrie dan Aston Martin Valkyrie Spider tidak jauh berbeda. Perbedaan besar hanya terlihat pada atap yang bisa dibuka dan pintu mobil yang dibuka dengan cara yang berbeda.



Berbeda dengan Aston Martin Valkyrie yang pintunya dibuka seperti sayap camar, Aston Martin Valkyrie Spider memiliki pintu kupu-kupu atau butterfly door. Pintu model ini mau tidak mau harus dipasang karena atap mobil Aston Martin Valkyrie Spider bisa dicopot.

Baca juga : Sambut NSX Paling Perkasa yang Pernah Ada, Acura NSX Type S

Nah, untuk membuka atap yang terbuat dari serat karbon itu, pemilik mobil harus melakukannya secara manual. Jadi ketika Anda tengah mengendarai mobil dan tiba-tiba ingin merasakan sensasi udara terbuka maka Anda harus terlebih dulu berhenti. Setelah itu Anda mulai melepas atapnya secara manual. Jadi tidak bisa berjalan elektris seperti mobil-mobil sport tanpa atap lainnya.

Hypercar Tanpa Atap dari Aston Martin Hanya Dibuat 85 Unit


Uniknya meski atapnya bisa dibuka dan terbuat dari serat karbon, Aston Martin mengatakan mobil ini jauh lebih berat dari Aston Martin Valkyrie. Hanya saja itu tidak akan terlalu berdampak besar mengingat mobilnya masih menggendong mesin yang sama yakni mesin V12 dengan kapasitas silinder 6,5 liter buatan Cossworth. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 1.139 daya kuda.

Tentunya dengan atap terbuka, sensasi mendengar mesin V12 secara langsung di udara terbuka jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan atap tertutup.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1436 seconds (10.55#12.26)