Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala

Minggu, 15 Agustus 2021 - 17:24 WIB
loading...
Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala
Banyak pengendara mobil yang belum mengetahui penyebab lampu indikator mesin tiba-tiba menyala. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Banyak pengendara mobil yang belum mengetahui penyebab lampu indikator mesin tiba-tiba menyala. Hal ini menyebabkan kepanikan sendiri karena tak mengetahui apa saja penyebab lampu indikator mesin atau check engine menyala.

Memang, menyalanya lampu indikator mesin menandakan adanya masalah pada mesin mobil Anda. Jadi sebelum parah, ketahui dulu apa penyebab lampu indikator menyala supaya tidak panik.



Dilansir dari halaman resmi Daihatsu, ada lima penyebab lampu indikator mesin mobil menyala terus:

1. Tutup Bensin Kurang Rapat

Adakalanya ketika terburu-buru saat mengisi bahan bakar pemilik kendraan jadi lupa memperhatikan bagaimana menutup tangki bahan bakar. Padahal kelalian ini bisa menyebabkan lampu indikator menyala.

Perlu diketahui bahwa hal sepele ini akan dibaca oleh sensor ECU sebagai kondisi yang berbahaya. Maka dari itu, segera cek kondisi tutup bensin dan eratkan penutup jika dirasa kurang menutup sempurna.

2. Perhatikan Kondisi Aki

Aki adalah salah satu kompnen yang menunjang kelistrikan di mobil. Bisa jadi penyebab lampu indikator menyala terus karena faktor aki.

Untuk memastikannya, cabut kepala aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali. Jika memang karena faktor ini maka lampu indikator mesin akan berhenti menyala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)