BlackBerry Siapkan Mobil Jadi Dompet Berjalan di Masa Depan

Senin, 16 Agustus 2021 - 22:00 WIB
loading...
BlackBerry Siapkan Mobil Jadi Dompet Berjalan di Masa Depan
Di masa depan, berkat teknologi yang ditawarkan BlackBerry dan Car IQ memungkinkan untuk melakukan pembayaran melalui mobil. Foto/IST
A A A
JAKARTA - BlackBerry siap menawarkan teknologi baru yang akan mennjadikan mobil tidak hanya sarana transportasi saja tapi juga dompet berjalan. Teknologi ini nantinya akan memungkinkan mobil melakukan segala jenis transaksi keuangan secara digital.

Disebutkan Carbuzz, untuk mewujudkan teknologi tersebut BlackBerry mengadakan kerja sama dengan perusahaan teknologi Car IQ. Nantinya dalam kerja sama itu BlackBerry akan menyediakan perangkat lunak buatan mereka IVY dan disandingkan dengan teknologi otentikasi digital dari Car IQ.

Diketahui BlackBerry memang tidak asing-asing amat dengan dunia otomotif. Setelah tidak lagi fokus pada dunia ponsel digital, BlackBerry memang beralih fokus pada penyediaan teknologi komunikasi dan pengamanan perangkat lunak. Lewat pengembangan itu mereka pernah membuat sebuah platform digital bernama QNX yang telah digunakan oleh mobil-mobil Jaguar Land Rover sebagai sistem infotainment. Sistem yang mereka kembangkan buat mobil Inggris itu bernama Pivi Pro System.

BlackBerry Siapkan Mobil Jadi Dompet Berjalan di Masa Depan


Baca juga : Roket Elon Musk yang Bikin Perjalanan Luar Angkasa Seksi Lagi

Untuk pengembangan teknologi dompet berjalan, nantinya Car IQ akan menggunakan teknologi buatan BlackBerry itu agar setiap mobil bisa memiliki sidik jari digital. Setelah sidik jari digital berhasil dibuat, maka mobil akan bisa melakukan berbagai transaksi keuangan yang sepenuhnya bisa dilakukan oleh mobil. Misalnya membayar ongkos bahan bakar, masuk jalan tol, bayar parkir, bayar cicilan asuransi hingga membayar biaya perawatan mobil.

BlackBerry Siapkan Mobil Jadi Dompet Berjalan di Masa Depan


"Kami sangat senang teknologi IVY dari BlackBerry akan bekerja sama dengan Car IQ. Data sensor dan teknologi komputasi terkini akan menghadirkan sebuah solusi sistem pembayaran yang sangat aman," ujar Peter Virk, Vice President of IVY Product and Ecosystem BlackBerry.

Lee Colman, Chief Production Officer dari lembaga analis otomotif, SBD Automotive mengatakan teknologi yang ditawarkan oleh BlackBerry dan Car IQ akan sangat berguna bagi kendaraan terkoneksi, kendaraan berbagai dan bisnis armada kendaraan. Bagi bisnis armada kendaraan nantinya seluruh pembayaran yang dilakukan oleh mobil armada akan dapat dimonitor dan dikontrol dengan baik.

Baca juga : Hypercar Tanpa Atap dari Aston Martin Hanya Dibuat 85 Unit

"Sistem ini merupakan gelombang baru dari teknologi mobil terkoneksi. Sistem ini akan membuat penerapan pembayaran cashless dan cardless jadi lebih luas lagi," ujarnya.

Sayangnya hingga kini BlackBerry belum menyebutkan produsen otomotif mana saja yang siap mengaplikasikan teknologi baru itu. Hal ini berbeda ketika mereka membuat IVY yang sudah digunakan di mobil-mobil Jaguar Land Rover.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1424 seconds (10.101#12.26)