Periksa 5 Komponen Ini Jika Terdengar Bunyi Jeduk di Bagian Suspensi Mobil

Selasa, 17 Agustus 2021 - 11:05 WIB
loading...
Periksa 5 Komponen Ini Jika Terdengar Bunyi Jeduk di Bagian Suspensi Mobil
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Bunyi jeduk-jeduk di bagian bawah mobil Anda bisa terjadi ketika sejumlah komponen suspensi mengalami keausan. Kondisi ini jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara.

Biasanya, jika mobil melintas di jalan aspal tidak terdengar bunyi jeduk-jeduk itu. Namun ketika melintas di jalan bergelombang akan terdengar bunyi keras yang seolah ada barang terguncang di bagian kaki-kaki mobil.

Dikutip dari halaman remi Auto2000, berikut empat komponen di bagian kaki-kaki mobil yang bisa menimbulkan suara gluduk jika mengalami kerusakan.

1. Long Tie Rod

Jika mengalami keausan, long tie rod akan mengeluarkan bunyi jeduk dan menyebabkan setir mobil agak berat. Long tie rod adalah komponen yang terdiri atas tie rod, ball joint, dan rack end yang bersinergi agar gerak kaki-kaki mobil bisa tetap selaras dengan gerak setir.



Long tie rod bisa mengalami kerusakan jika pengendara tidak hati-hati ketika melintasi jalan rusak. Jika melintasi jalan rusak dengan kecepatan tinggi, long tie rod akan menerima beban yang amat berat.

Beban tersebut bisa menyebabkan komponen saling bertabrakan dan kemudian aus. Untuk itu, sebaiknya Anda selalu menjaga kecepatan saat melintas di jalanan rusak.

2. Karet Bushing Arm

Karet bushing arm adalah komponen yang menahan getaran dari ban mobil atau mesin mobil. Bentuknya mirip botol dengan pipa besi berlapis karet di dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)