Ini Penyebab Rem Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:58 WIB
loading...
Ini Penyebab Rem Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya
Adakalanya karena kurang perawatan, rem mobil Anda menimbulkan bunyi berdecit yang suaranya terdengar hingga ke dalam kabin. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Adakalanya karena kurang perawatan, rem mobil Anda menimbulkan bunyi berdecit yang suaranya terdengar hingga ke dalam kabin. Kondisi ini selain tidak nyaman juga sangat membahayakan.

Lalu apa penyebab rem berdecit? Biasanya ini disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Kondisi itu biasanya karena pemilik mobil enggan melakukan perawatan, meskipun sudah tahu kalau kondisi rem sedang tidak prima.

Untuk mengatasi rem mobil yang berdecit sebenarnya tidak sulit dan peralatan yang digunakan juga terbilang umum, mulai dongkrak, kunci roda, kain lap, kuas halus, kompresor atau jika tidak punya bisa menggunakan cairan khusus pembersih rem.



Dikutip dari Auto2000, untuk menghilangkan suara berdecit, Anda hanya harus membersihkan cakram atau tromol rem. Pada bagian cakram, langkah awal membersihkannya adalah dengan melepas ban dengan kunci roda. Tapi biar aman, bodi mobil didongkrak dan bagian roda lainnya di ganjal.

Kemudian semprot cairan pembersih rem ke cakram hingga rata. Usahakan jarak semprot cairan khusus itu ke cakram sekitar 10-15 cm lalu bersihkan dengan kain lap. Biarkan sesaat dan ulangi lagi hingga seluruh kotoran di cakram rontok.

Berikutnya adalah membersihkan tromol rem dengan cara yang hampir sama. Namun di sini, Anda harus bisa melepas tromol dari rumah rem. Karenasedikit sulit, Anda bisa ketok tromol menggunakan palu karet secara perlahan untuk mempermudah.



Setelah terlepas, tromol berdebu bersihkan dengan kompresor jika ada atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan. Jika debu sudah bersih, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal.

Setelah proses pembersihan, Anda bisa memasang kembali cakram dan tromol keposisi semula. Selanjutnya tinggal pasang roda dan coba saja suara berdecit dari rem mobil Anda akan hilang.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2724 seconds (0.1#10.140)