Taliban Ketiban Rejeki Tak Hanya Humvee, Ford Ranger, Helikopter hingga Buldoser Dikuasai Gratis

Rabu, 18 Agustus 2021 - 11:00 WIB
loading...
Taliban Ketiban Rejeki Tak Hanya Humvee, Ford Ranger, Helikopter hingga Buldoser Dikuasai Gratis
Sebanyak 729 Humvee kini berpindah tangan ke Taliban dari tentara Afghanistan dan Amerika Serikat tanpa perlawanan berarti. Foto/IST
A A A
AFGHANISTAN - Keberhasilan Taliban menguasai Afghanistan tidak hanya berhasil membuat mereka mengambilalih kepimpinan negara Afghanistan. Taliban kini memiliki aset yang ditinggalkan oleh tentara Afghanistan dan Amerika Serikat seperti mobil, perlengkapan perang, truk, pesawat tanpa awak, buldoser hingga helikopter.

Sebuah blog, Oryxspioenkop, yang dikutip oleh Autoblog melaporkan keberhasilan Taliban mengambilalih pemerintahan membuat mereka menguasai sebanyak 2.086 kendaraan baik itu mobil, kendaraan taktis, truk hingga tank.



Namun dari ribuan kendaraan yang dikuasai itu tidak semua bisa digunakan kembali. Sedikit dari kendaran sudah hancur akibat perlawanan yang dilakukan tentara Afghanistan.

Data dari Oryxspienkop menyebutkan kendaraan yang paling banyak diambil adalah Ford Ranger. Total ada 877 Ford Ranger yang bisa digunakan kembali dari sebanyak 901 yang telah dikuasai.

Kendaraan terbanyak kedua yang berhasil Taliban gunakan kembali adalah Humvee. Kendaraan taktis ini banyak digunakan oleh tentara Amerika Serikat dan Afghanistan dalam menjalankan operasi wilayah. Total ada 729 yang diambil oleh Taliban. Namun hanya sebanyak 685 unit yang bisa mereka gunakan untuk pengamanan wilayah Afghanistan.

Taliban Ketiban Rejeki Tak Hanya Humvee, Ford Ranger, Helikopter hingga Buldoser Dikuasai Gratis


Kendaraan taktis lainnya yang juga ikut berpindah tangan adalah M1117 ASV. Berbeda dengan Humvee, M117 ASV sudah dilengkapi dengan perlengkapan tempur yang memadai. Saat Taliban masuk ke Afghanistan, hanya 9 unit M117ASV yang rusak parah. Sisanya sebanyak 51 unit M117ASV bisa dipakai lagi oleh Taliban jika ingin melakukan operasi khusus.

Untuk tank, Taliban justru berhasil mengamankan seluruh tank tersisa yang ditinggalkan tentara Afghanistan. Sebanyak 12 unit tank T-54, T-55 dan T-62 kini sudah menjadi hal milik Taliban.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)