5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 22:22 WIB
loading...
5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar
Ilustarasi mesin mobil . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jika jarang dirawat, terkadang mesin pada mobil bisa mengeluarkan suara kasar saat digas. Suaranya terdengar seperti berisik, mirip suara gerungan atau gesekan komponen besi.

Bahkan, saat mobil sudah melaju pun suara berisik ini tetap terdengar setiap menginjak pedal gas. Jika begini, pengemudi sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya dan melakukan perbaikan. BACA JUGA - Ilmuwan China Pastikan Umat Manusia Akan Berdampingan dengan Covid-19 Selamanya

Berikut ini 5 penyebab suara mesin mobil kasar, dilansir dari Auto2000, Jumat (20/8/2021).

1. Kompresor AC mobil

Suara mobil kasar saat digas, entah itu ketika pertama kali dinyalakan atau saat kondisinya sudah dijalankan, bisa berasal dari kompresor AC mobil.

Kompresor AC mobil kurang oli biasanya menimbulkan suara berisik. Selain oli biasanya dikarnakan banyaknya kotoran yang menyumbat bagian dalam.

Kalau memang sudah lama tidak cek bagian AC, segeralah lakukan flushing dan pembongkaran untuk melihat kondisi komponen di dalamnya.

2. Oli pada mesin

Selain oli pada kompresor, oli mesin juga wajib dicek. Pengecekan perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan jumlah oli cukup tersedia dan kondisinya masih baik. Oli yang sudah menipis atau kondisinya sudah jelek tidak akan melumasi mesin secara sempurna.

Alhasil, suara kasar dari mesin pun akan muncul ketika dinyalakan. Ciri utamanya adalah bunyi kasar gesekan komponen yang terdengar dari bagian atas pengaturan katup. Kalau sudah begini, segeralah ke bengkel agar bagian mesin lain tidak ikut rusak.

3. Belt atau sabuk kendaraan

Belt atau sabuk kendaraan yang dimaksud di sini bukanlah sabuk pengaman yang ada di kursi kabin. Melainkan, tali kipas penghubung antara satu pull dengan pull lainnya yang juga menghubungkan putaran kipas radiator dengan kompresor AC dan alternator.

Kalau tali kipas ini bermasalah, maka ciri utamanya adalah timbul suara mesin mobil kasar saat digas. Seringnya, kondisi yang menyebabkan tali kipas bermasalah adalah sumbatan debu kotoran, komponen yang kering, dan ukuran yang kurang pas. Disarankan ke bengkel untuk memperbaiki belt ini.

4. Bearing mobil mengalami masalah

Jika suara mesin mobil kasar saat digas dan dengung yang terus menerus ketika putaran mesin (rpm) semakin naik, bisa dipastikan bahwa komponen yang bermasalah adalah bearing.

Cara memperbaiki dinamo yang sedang bermasalah tergolong cukup sulit dideteksi bagian bearing yang bermasalah karena jenisnya beragam. Ada water pump, tensioner, alternator, idler, dan kompresor. Untuk mencari tahu secara pasti sumber bearing yang bermasalah membutuhkan jasa bengkel.

5. Celah katup mesin

Celah katup yang terlalu rapat ataupun longgar bisa pula menjadi sumber masalah mesin mobil terdengar kasar saat dipacu. Umumnya, celah ini disetel pada ukuran 0,2-0,3 mm.

Namun, semakin tinggi frekuensi penggunaan kendaraan, celah ini bisa melonggar dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan karena batang katup bergesekan dengan rocker arm. Begitu pula ketika celahnya terlalu rapat, akan terdengar bunyi akibat batang katup terlalu menekan bagian lain pada katup.

Jangan anggap remeh suara mesin mobil kasar saat digas. Selain menambah bising, komponen yang bermasalah pun akan semakin mengalami kerusakan parah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7025 seconds (0.1#10.140)