Begini Cara Menyimpan Ban Cadangan Biar Awet dan Bisa Digunakan Kembali

Senin, 23 Agustus 2021 - 17:05 WIB
loading...
Begini Cara Menyimpan Ban Cadangan Biar Awet dan Bisa Digunakan Kembali
Perlu Anda ketahui bahwa menyimpan ban mobil ternyata tidak boleh sembarangan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ini umumnya terjadi pada seseorang yang gemar memodifikasi seperti mengganti ban dan velg. Pastinya ban cadangan yang tidak terpakai akan di simpan di dalam rumah. Perlu Anda ketahui bahwa menyimpan ban mobil ternyata tidak boleh sembarangan.

Hal itu dikarenakan bahwa alih-alih menyimpan ban supaya awet dan bisa digunakan lagi, malah yang terjadi kondisi ban cadangan malah rusak karena salah penempatanya. Nyatanya terdapat cara sendiri dalam menyimpan ban.



Maka dari itu dirangkum dari laman resmi Toyota Astra (23/8/2021), begini mengenai cara menyimpan ban mobil dengan baik dan benar:

1. Hindari menyimpan ban dari sinar matahari langsung

Hal tersebut sangat berguna untuk melindungi karet yang menjadi bahan baku dalam memproduksi ban. Sehingga tidak rusak, getas akibat terpapar sinar matahari langsung.

2. Hindari menyimpan ban dalam gudang tertutup dan lembab

Sebaiknya hindari untuk menyimpan ban dalam gudang yang lembab. Hal itu disebabkan karena akan merusak bagian velg mobil Anda karena mengalami karat. Baiknya simpan di tempat rapi dengan suhu kering untuk menjaga keawetannya.

3. Posisi ban di gantung

Anda bisa menyimpan ban berserta dengan velgnya juga dengan cara menggantung ban dengan pengait. Hal ini merupakan penerapan yang benar supaya telapak ban tidak mendapatkan tekanan dari satu sisi, sehingga dapat membuat tapak ban menjadi lebih awet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)