5 Perbedaan Mobil dengan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Rabu, 01 September 2021 - 18:01 WIB
loading...
5 Perbedaan Mobil dengan Mesin Bensin dan Mesin Diesel
Jajaran kendaran diesel . FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mayoritas mobil yang beredar di jalanan saat ini masih menggunakan mesin bensin dan mesin diesel. Meskipun sudah mulai bertransisi ke tenaga listrik, tetapi jumlah belum banyak.

Cara kerja mesin diesel dan mesin bensin bisa sangat terlihat pada bagian performa, keamanan, dan kebutuhan bahan bakar.

Bagi yang masih bingung, ini penjelasan mengenai 5 perbedaan mobil mesin bensin dan mesin diesel, dilansir dari laman Auto2000, Rabu (1/9/2021).

1. Penggunaan bahan bakar

Karburator merupakan salah satu komponen pembakaran pada mobil. Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang paling utama adalah penggunaan jenis bahan bakar.

Sesuai dengan namanya, mobil bermesin diesel menggunakan bahan bakar diesel seperti solar, sedangkan mesin bensin menggunakan gasoline. Perbedaan bahan bakar ini selanjutnya akan berpengaruh pada proses kompresi.

Pada mobil dengan mesin diesel, udara akan dikompresi terlebih dahulu hingga memanas. Saat udara sudah panas karena proses kompresi, bahan bakar akan disuntikkan ke dalam sehingga menghasilkan pembakaran yang memicu mesin menyala.

Sementara itu, pada mobil dengan mesin bensin, bahan bakar akan dicampur dengan udara lalu dikompresi dengan piston dan dinyalakan oleh percikan api dari busi.

2. Performa mesin

Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel juga bisa dilihat dari performa. Tak dapat dipungkiri kalau mesin diesel lebih unggul dalam hal ketangguhan, karena biasa dipakai pada kendaraan muatan berat seperti truk dan bus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)