Jangan Sembarangan, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar

Rabu, 01 September 2021 - 21:04 WIB
loading...
A A A
Tak hanya soal mesin saja, mobil juga membutuhkan listrik untuk menyalakan lampu dan beberapa fitur lainnya. Aki yang menjadi komponen untuk menyimpan daya lama kelamaan akan melemah jika mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu lama.

Alasan memanaskan mobil adalah supaya daya listrik yang tersimpan pada aki akan meningkat. Karena daya tersebut akan berkurang jika mesin tidak dinyalakan. Oleh karena itu, penting untuk memanaskan kendaraan supaya aki tetap bekerja dengan baik.

Kegiatan memanaskan mobil di rumah bisa disesuaikan dengan tipe kendaraan. Jika kendaraan yang dimiliki memiliki mesin non injeksi atau konvensional, maka tak perlu setiap hari.

Mobil konvensional yang biasanya terdapat pada jenis mobil lama masih menggunakan karburator yang fungsinya mencampurkan bahan bakar dan udara di ruang bakar. Untuk memanaskan mobil jenis ini hanya membutuhkan waktu sebanyak 5 menit saja.

Itupun dilakukan tidak setiap hari, karena jika lebih dari 5 menit bahkan sampai 30 menit hanya akan membuat mesin overheating. Pemilik mobil perlu memanaskan dua atau tiga kali dalam seminggu.

Berbeda lagi dengan pemilik mobil dengan mesin injeksi. Biasanya sudah digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk mobil dengan mesin ini juga tidak perlu memanaskannya setiap hari.

Khusus mobil injeksi proses pemanasan pun jauh lebih singkat yaitu hanya 30 detik saja. Pemilik juga hanya perlu melakukannya jika kendaraan sudah berminggu-minggu mangkrak di garasi.

Saat ingin memanaskan mobil sebaiknya tak selalu dilakukan dalam keadaan diam di garasi saja. Bisa juga dengan mengendarai mobil selama beberapa menit. Tujuannya supaya komponen seperti transmisi pun ikut bergerak.

Tips memanaskan mobil dengan benar

Melihat dampak tersebut, pemilik harus tahu kapan dan bagaimana untuk memanaskan kendaraan dengan tepat. Pastikan jenis mesin dari mobil yang digunakan sehingga tidak salah soal waktu pemanasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5432 seconds (0.1#10.140)