Hyundai Bawa Robot Spot ke Indonesia, Apa Saja Kehebatannya?

Kamis, 02 September 2021 - 19:58 WIB
loading...
Hyundai Bawa Robot Spot ke Indonesia, Apa Saja Kehebatannya?
Robot Spot akan dihadirkan Hyundai Motor Indonesia dalam aktivitas mereka di Indonesia. Foto/SINDONEWS.Com-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Hyundai saat ini tidak lagi sekadar sebuah perusahaan manufaktur di bidang otomotif. Di tingkat global, Hyundai telah menjelma menjadi sebuah perusahaan mobilitas yang mencakup berbagai perkembangan teknologi terkini. Salah satunya adalah perkembangan teknologi robotik.

Hal itulah yang membuat Hyundai Motor Indonesia (HMID) membawa robot bernama Spot ke Indonesia. Hadirnya Spot di Indonesia merupakan cara HMID menunjukkan visi global Hyundai, ‘Progress for Humanity’, yang menghadirkan era baru robotik.



GM Marketing Department HMID Astrid A. Wijaya mengatakan kehadiran robot Hyundai bukan untuk menggantikan manusia. Robot Spot yang merupakan kreasi perusahaan start up yang ada di bawah payung Hyundai, Boston Dynamics justru untuk membantu pekerjaan manusia.

"Misi utamanya datang ke Indonesia untuk memperkenalkan tentang future technology yang dimiliki Hyundai. Perlu dicatat bahwa robot tidak menggantikan manusia. Salah satu alasan kenapa Hyundai melihat bahwa robotik merupakan solusi untuk kemanusiaan. Di dalam satu kondisi, kadang ada beberapa hal yang mungkin manusia itu sendiri tidak bisa datang atau melakukan kegiatan di suatu tempat karena berbahaya. Misalnya waktu itu Spot pernah ditugaskan untuk mengukur kadar radiasi," kata Astrid A. Wijaya.

Berdasarkan penelusuran SINDONEWS.Com di situs resmi Boston Dynamics, saat ini Spot tidak hanya jadi robot yang sekadar dipamerkan saja. Spot justru sudah digunakan oleh beberapa perusahaan seperti JPL, Brasfield & Gorrie, Woodside, Strabag, AkerBP, National Grid dan Pomerleau.

Seluruh perusahaan itu adalah perusahaan industri berat dan konstruksi dimana beberapa pekerjaan yang ada terkadang terlalu berbahaya dilakukan oleh manusia. Di saat itulah Spot bisa bekerja. Nah, berikut ini beberapa kelebihan-kelebihan Spot yang cocok di industri tersebut.

Dua Varian Spot
Hyundai Bawa Robot Spot ke Indonesia, Apa Saja Kehebatannya?


Spot memiliki dua varian yakni Spot Explorer dan Spot Enterprise. Spot Enterprise merupakan robot tahap awal bagi konsumen yang ingin berkenalan dengan Spot. Spot Explorer bisa melakukan banyak gerakan unik. Baterainya bisa kuat bertahan 2 jam dan bisa dicharge kembali hingga penuh dalam waktu yang sama. Varian lainnya adalah Spot Enterprise yang dilengkapi dengan dok khusus pengisian baterai mandiri.

Misi Otonom
Hyundai Bawa Robot Spot ke Indonesia, Apa Saja Kehebatannya?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)