Tips Mengemudi yang Benar agar Penumpang Tak Mual Selama Perjalanan

Jum'at, 03 September 2021 - 20:05 WIB
loading...
Tips Mengemudi yang Benar agar Penumpang Tak Mual Selama Perjalanan
Selama ini mabuk dalam perjalanan biasanya dikaitkan dengan kondisi kesehatan penumpang. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Selama ini mabuk dalam perjalanan biasanya dikaitkan dengan kondisi kesehatan penumpang atau karena mereka tidak pernah melakukan perjalanan jauh. Biasanya orang yang kerap mabuk saat naik mobil minum obat anti mual untuk mengurangi penderitaan mereka selama perjalanan.

Pendapat itu tidak salah tapi juga belum tentu benar karena cara mengemudi ternyata juga memengaruhi kondisi penumpang karena bisa membuat mereka mual atau mabuk darat.



Dikutip dari halaman resmi Daihatsu, berikut tips cara berkendara yang baik agar penumpang tidak merasa mual:

1. Perhatikan waktu tepat untuk perpindahan gigi

Waktu Anda mengoper gigi ternyata bisa membuat penumpang mengalami mual. Untuk mobil denga transmisi manual, memang pengmudi akan melakukn perpindahan gigi sesuai dengan kondisi jalan. Agar mobil berjalan dengan mulus dan nyaman, Anda disarankan untuk melakukan perpindahan gigi pada RPM 2000 sampai 2500 saja.

Perpindahan gigi yang baik tentunya akan dirasakan oleh penumpang. Karena rasa mual saat berkendara sering terjadi akibat dinamika kendaraan seperti halnya goncangan yang timbul saat berkendara dan juga medan yang Anda lintasi tersebut. Dengan sifthing yang tepat, dinamika kendaraan itu dapat teratasi dengan baik.

2. Perhatikan waktu pengereman

Pengereman yang tepat sudah pasti bisa meminimalisir penumpang untuk tidak mual di saat berkendara jauh sekalipun. Hindari proses pengereman dengan satu hentakan kaki karena malah akan membuat penumpang semakin mual. Mengeremlah dengan perlahan dan bertahap agar tidak memicu pergerakan rem mendadak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)