Trio Honda CB500 Berbenah dengan Body yang Sukses Berdiet

Sabtu, 04 September 2021 - 12:00 WIB
loading...
Trio Honda CB500 Berbenah dengan Body yang Sukses Berdiet
Trio Honda CB500 kini menggunakan material yang lebih ringan sekaligus kokoh yang menjanjikan handling terbaik. Foto/Honda.
JAKARTA - Honda Motor Corp baru-baru ini meluncurkan pembaruan pada trio Honda CB500 yakni Honda CB500F, Honda CB500R dan Honda CB500X. Menyambut tahun 2022, ketiga motor sport kelas menengah itu berhasil melakukan "diet ketat" sehingga membuatnya jauh lebih ringan dibanding model terdahulu.

Disebutkan Paultan selain bobot yang jadi lebih ringan, ketiga motor sport andalan Honda itu mendapatkan peningkatan di sektor handling dan pengereman.

Meski diluncurkan untuk model year 2022, ketiga motor Jepang itu sama sekali tidak mendapatkan update mesin. Ketiganya masih menggunaan mesin sebelumnya, 2 silinder , 8 valve dan 471 cc yang bisa menggelontorkan tenaga 49,75 daya kuda di 8.500 RPM dan torsi maksimal 44,7 Nm di kitiran 7.000 RPM. Seluruh tenaga itu disalurkan ke belakang roda melalui transmisi manual 6 percepatan. Agar tidak ada tenaga yang terbuang dari mesin ketiga motor tersebut dilengkapi dengagn fitur Slip and Assist Clutch.

Baca juga : Hyundai Bawa Robot Spot ke Indonesia, Apa Saja Kehebatannya?



Trio Honda CB500 Berbenah dengan Body yang Sukses Berdiet


Kembali ke masalah bobot, agar lebih ringan Honda memutuskan membuat velg ketiga motor tersebut jauh lebih ringan. Selain itu mereka juga memilih lengan ayun baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel. Perubahan ini membuat ketiga motor sport itu jadi lebih ringan dan menyenangkan saat dikendarai.

Untuk suspensi depan, trio CB500 mendapatkan peningkatan dengan penggunaan suspensi upside-down Showa SFF-BP. Suspensi dengan diameter 41 milimeter dengan preload-adjustment itu sama persis dengan suspensi depan yang ada di Honda CBR650R dan Honda CBR650F.

Baca juga : Benarkah Tanjakan Curam Jadi Ujian Buat Mobil Penggerak Roda Depan Seperti Xpander?

Bagian pengereman juga mengalami penyegaran dimana kali ini Honda memilih menggunakan rem cakram Nissin dua piston dengan kaliper ganda 296 mm. Rem ini menggantikan rem cakram single 320 mm dan kaliper rem dua piston yang ada di model sebelumnya.

Dengan berbagai update dan pengurangan bobot itu kini Honda CB500F memiliki bobot 189 kilogram, Honda CBR500R mencapai 192 kilogram dan Honda CB500X mencapai bobot 199 kilogram.



Untuk nuansa modernisasi ketiga motor juga sudah dilengkapi layar LCD yang menampilkan berbagai informasi tentang ketiga motor tersebut.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE