Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis

Selasa, 07 September 2021 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Rekam jejak otomotif Gert Hildebran sangat panjang. Dia memulai karirnya sebagai desainer mobil Opel tahun 1980. Sejak itu dia berpindah-pindah perusahaan dari Volkswagen, SEAT, Mitsubishi dan MINI.Di MINI dia berhasil dikenal sebagai ayah dari
MINI Countryman dan MINI Clubman. Pasalnya kedua mobil itu merupakan spesies baru dari MINI yang hanya dikenal menjual model Cooper.

Pada 2011 tiba-tiba Gert Hildebran bikin kejutan karena pindah ke China dan menjabat sebagai Head of Designer Qoros. Mobil buatannya Qoros 3 Hatch malah pernah mendapatkan penghargaan desain internasional, Red Dot Design Awards.

Walter de Silva
Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis


Jika Giles Taylor fokus pada pembuatan mobil luks dan premium di Hongqi, maka Walter de Silva justru direkrut Hongqi untuk foks membuat mobil sport. Produk terbaru yang dia buat adalah Hongqi S9 yang diyakini memiliki kekuatan dan keindahan yang setara dengan Lamborghini dan Ferrari.

Jejak rekam Walter de Silva juga sangat panjang. Dia mengawali karirnya sebagai pemimpin desain mobil Italia, Alfa Romeo. Setelahnya dia kemudian berpindah ke Audi dan Volkswagen. Salah satu mobil keren yang dibuat untuk Volkswagen adalah Volkswagen Scirocco.

Wayne Burgess
Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis


Geely adalah perusahaan mobil China yang paling getol membajak desainer otomotif kelas dunia. Pertama dia membajak Wayne Burgess dari Jaguar dan Aston Martin. Tidak main-min Wayne Burgess adalah sosok sentral dari Jaguar dalam menciptakan sedan mewah moderen Jaguar seperti Jaguar XJ, Jaguar XF, Jaguar F-Pace dan Jaguar I-Pace. Hanya saja pembajakan tersebut berlangsung cepat. Bergabung pada 2019 dia kini justru dibajak lagi oleh perusahaan motor listrik India, Ola.


Peter Horbury
Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis


Kepergian Wayne Burgess tidak membuat Geely kehabisan akal dan dana. Mereka justru dengan cepat mendapatkan gantinya yakni Peter Horbury. Sosok Peter Horburry merupakan figur sentral bagi Chrysler, Ford dan Volvo. Salah satu mobil fenomenal yang dia buat adalah Volvo Concept Universe pada 2011.

Melihat potensi yang ada kini Peter Horbury justru diberikan tugas baru dari Geely yakni merevolusi desain mobil Lotus. Diketahui saat ini Lotus yang dikenal sebagai mobil legendaris Inggris, telah dimiliki oleh Geely.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2821 seconds (0.1#10.140)