Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis

Selasa, 07 September 2021 - 15:00 WIB
loading...
Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah  dan Futuristis
Walter de Silva saat memamerkan mobil sport hibrida Hongqi S9 di Milan, Italia baru-baru ini. Foto/IST
A A A
CHINA - Hadirnya desainer otomotif dunia dari wilayah Eropa dan Amerika Serikat membuat mobil- mobil Chinamengalami perubahan besar. Kehadiran mereka membuat mobil-mobil buatan Chinaterlihat fantastis, mewah dan futuristis.

Hari ini saja perusahaan mobil China, Geely mengumu kan hadirnya Kepala Desainer Geely baru, Stefan Sielaff. Mantan desainer utama Bentley itu menggantikan Peter Horburry, yang kini pindah posisi sebagai desainer utama Lotus. Menariknya Lotus saat ini
merupakan perusahaan mobil Inggris yang dimiliki oleh Geely.



Sepak terjang perusahaan mobil China merekrut desainer-desainer bule memang telah berlangsung sejak satu dekade belakangan ini. Seperti halnya berinvestasi dalam jumlah besar, perusahaan mobil China tidak main-main menggelontorkan uang agar para desainer otomotif terbaik dunia datang ke China.

Kiprah mereka merekrut desainer-desainer terbaik itu bahkan sempat membuat perusahaan mobil Jerman, Audi ketar-ketir. Mereka bermanuver dengan mengadakan kontrak khusus dengan universitas desain dan rumah-rumah desain agar tetap terkoneksi dengan Audi.

Hanya saja China memang masih begitu menggoda buat para desainer otomotif. Desainer-desainer otomotif bermata biru pun mulai berdatangan ke China untuk menghadirkan mobil- mobil terbaik dan terkeren. Siapa saja mereka?

Giles Taylor
Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis


Giles Taylor bukan nama yang asing di dunia otomotif. Dia adalah sosok sentral desainer mobil Rolls-Royce, Peugeot dan Jaguar. Dia merupakan sosok yang memodernisasi Rolls-Royce Phantom. Mobil konsep Rolls-Royce Vision Next 100 adalah karyawannya. Dia juga sosok yang menjadi otak pembuatan SUV Rolls-Royce, Cullinan.

Hanya saja tahun 2018 dia memutuskan pergi dari Rolls-Royce dan datang ke China untuk memimpin perusahaan mobil premium China, Hongqi. Di tangannya Hongqi berhasil membuat sebuah mobil Hongqi H9 yang kualitasnya setara Rolls-Royce.

Gert Hildebrand
Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)