Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Saat Perawatan Mesin Turbo

Kamis, 16 September 2021 - 09:01 WIB
loading...
Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Saat Perawatan Mesin Turbo
Tiga hal yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan mesin bertenaga turbo. FOTO Ilustrasi/ IST
A A A
JAKARTA - Teknologi di industri otomotif terus berkembang. Di antaranya penggunaan teknologi mesin turbo yany sudah menjadi hal cukup umum untuk mendapatkan performa yang kuat, namun tetap mengedepankan efisiensi bahan bakar.

DFSK merupakan salah satu produsen otomotif yang sudah menggunakan teknologi mesin turbo tersebut di hampir seluruh lini kendaraan penumpang, yang ditawarkan untuk konsumen di Indonesia. BACA JUGA - Wuih, Pertamax Turbo Kini Tersedia di Kabupaten Berau

Konsumen juga tidak perlu khawatir dalam melakukan perawatan kendaraan bermesin turbo karena sangat mudah dan bahkan bisa diaplikasikan sehari-hari.

Sistem kerja komponen turbo adalah dengan memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin, sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler, sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

“Mesin turbo yang digunakan oleh kendaraan-kendaraan DFSK sudah dirancang dengan sedemikian rupa memanjakan pengendaranya dengan menghadirkan pengalaman yang sangat menyenangkan, mulai dari tenaga yang berlimpah sampai dengan perawatannya yang mudah," ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Rofiqi menambahkan, aspek kemudahan dalam perawatan juga tidak bisa diabaikan, karena semakin mudah mesin ini untuk dirawat maka akan semakin mudah konsumen bisa mendapatkan performa yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Berikut ini tiga hal yang harus diperhatikan konsumen DFSK untuk melakukan perawatan mesin turbo agar tetap bekerja secara optimal.

1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi vital, mulai dari melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9999 seconds (0.1#10.140)