Bentley Ubah Pangkalan Udara Bekas Perang Dunia Kedua Jadi Lahan Test Drive

Senin, 20 September 2021 - 20:00 WIB
loading...
Bentley Ubah Pangkalan Udara Bekas Perang Dunia Kedua Jadi Lahan Test Drive
Bentley memanfaatkan pangkalan udara bekas perang dunia kedua sebagai lahan uji mobil baru mereka. Foto/Thedrive.
ITALIA - Perusahaan mobil premium asal Inggris, Bentley, mengubah markas militer bekas perang dunia kedua di Sisilia, Italia jadi lahan test drive. Lokasi tepatnya adalah sebuah pangkalan udara yang dulunya digunakan oleh Italia sebagai pusat mobilisasi pesawat-pesawat terbang Angkatan Udara Italia dan Angkatan Udara NAZI.

Saat perang dunia kedua meletus, Italia, NAZI dan, Jepang memang membuat sebuah aliansi yang dinamakan Blok Poros. Ketiganya melakukan kerja sama selama perang dunia berjalan. Termasuk saat Italia memberikan markas militer berupa pangkalan udara Comiso, Silia, Italia.

Pangkalan udara itu sangat besar karena berdiri di atas lahan yang sangat luas dan jadi lokasi ideal buat pasukan udara NAZI, Lutwaffe. Hanya saja kekalahan NAZI, Jepang dan Italia membuat pangkalan udara tersebut berpindah tangan ke Amerika Serikat dan sekutunya. Inggris dan Amerika Serikat kemudian menggunakan pangkalan udara tersebut sebagai tempat uji coba senjata baru serta pesawat khusus. Hal itu dilakukan seiring dengan terjadinya perang dingin antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat serta negara-negara blok Eropa lainnya.

Baca juga : Mariah Carey Punya Gedung Berjalan Superwah, Intip Yuk Isinya!



Bentley Ubah Pangkalan Udara Bekas Perang Dunia Kedua Jadi Lahan Test Drive


Modernisasi bahkan dilakukan oleh Amerika Serikat dan Inggris di pangkalan udara itu. Dimana mereka membangun pusat-pusat perbelanjaan, sekolah, ibadah serta tempat tinggal bagi para tentara yang ada di pangkalan udara itu.

Nasib pangkalan udara Comiso berubah 180 derajat ketika perang dingin usai dan pakta perdamaian senjata nuklir ditandatangani. Amerika Serikat dan Inggris kemudian meninggalkan pangkalan udara itu per 30 Juni 1991. Sejak itu pangkalan udara Comiso terbengkalai hingga kini.

Luasnya lahan yang dimiliki pangkalan udara Comiso itu kemudian dimanfaatkan Bentley sebagai tempat uji coba mobil terbaru mereka, Bentley Continental GT Speed . Pemanfaatan lahan yang terbengkalai itu justru disambut gembira oleh otoritas wilayah Comiso. Mereka terkejut karena masih ada pihak swasta yang mau memanfaatkan lahan kosong itu.

"Wali Kota Comiso langsung gembira dengan kegiatan kami. Ini baru kali pertama uji coba mobil dilakukan di sebuah pangkalan udara yang terbengkalai," ucap Wayne Bruce, Direktur Komunikasi Bentley.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE